Sunday, 17 December, 2017 - 15:59

Kursi DPRD Parimo Berpotensi Jadi 45 Kursi

RAKOR - KPU Parimo menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan para camat di aula Kantor KPU Kabupaten Parimo, Jumat 17 November 2017. (Foto : Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parigi, Metrosulawesi.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong Amelia Idris mengatakan adanya potensi penambahan jumlah kursi di DPRD Parigi Moutong menjadi 45 kursi pada Pemilu 2019. Pada Pemilu 2014, jumlah anggota DPRD Parimo hanya 40 orang.

Hal itu mengemuka pada rapat koordinasi (rakor) KPU Parimo dengan para camat di aula Kantor KPU Kabupaten Parimo, Jumat 17 November 2017. Rapat koordinasi digelar dalam rangka penyusunan instrument daerah pemilihan dan alokasi kursi pada penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

“Setelah kita dengarkan bersama bahwa kelihatannya akan ada ketambahan penduduk yang akan kita terima di tanggal 17 Desember 2017 nanti, sehingga progres untuk jumlah penduduk Kabupaten Parimo untuk bertambah dan bisa jadi berpeluang untuk menambah kursi, karena jika jumlah penduduk Kabupaten Parimo mencapai 500 ribu lebih plus satu, itu berarti akan menjadi 45 kursi di DPRD Parimo,” tutur Ketua KPU Kabupaten Parimo Amelia Idris.

Dia mengatakan, rapat koordinasi terkait daerah pemilihan dan alokasi kursi ini adalah yang perdana. Hal ini dilakukan untuk penataan daerah pemilihan sebagaimana tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 07 tahun 2017.

“Karena pada tanggal 17 Desember 2017 nanti kita akan memintakan jumlah penduduk Kabupaten Parimo, dan itu merupakan tahapannya dari Kemendagri untuk diserahkan ke KPU RI sebagai bahan penetapan alokasi kursi setiap kabupaten,” kata Amelia.
Dia mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Parimo menjadi dasar untuk menetapkan berapa jumlah alokasi di DPRD Kabupaten Parimo. “Rapat hari ini kita meminta informasi dulu dari semua pemerintah kecamatan yang ada di Kabupaten Parimo, serta dengan dinas terkait yakni Dinas Dukcapil Parimo,” ungkap Amelia.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.