Saturday, 22 July, 2017 - 18:56

Laga Kandang, Tanduk Anoa Berjaya Lagi

Celebest FC menang tipis 1-0 atas Persekap Pasuruan dalam laga lanjutan Liga 2 Group 7, Minggu 9 Juli 2017. (Foto : Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Celebest FC 1-0 Persekap Pasuruan

Palu, Metrosulawesi - Celebest FC menang tipis 1-0 atas Persekap Pasuruan dalam laga lanjutan Liga 2 Group 7, Minggu 9 Juli 2017. Laga tersebut berlangsung di markas Celebest FC, Stadion Gawalise Palu, Sulawesi Tengah.

Tim sepak bola andalan Kota Palu berhasil memenangkan laga melalui gol semata wayang Imam Baihaqi.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Celebest FC sudah langsung melakukan tekanan terhadap tim lawan. Permainan bola-bola pendek yang diperagakan Ryan Wiradinata dan kawan-kawan membuat pemain Persekap Pasuruan kesulitan menguasai bola.

Tekanan yang dilakukan Celebest FC memaksa kapten Persikap Pasuruan M Ali Khumaidi dan kawan-kawannya harus bermain jauh ke garis pertahanan. Namun solidnya pertahanan mereka masih mampu membendung serangan Celebest yang dikreasikan oleh M Syahril dan Hamzah.

Di pertengahan waktu babak pertama, Stadion Gawalise sempat bergemuruh setelah Hamzah melepaskan tendangan keras ke arah gawang Persekap yang dikawal kiper Fajar Muhammad. Sayangnya aksi individu yang diakhiri dengan tendangan keras pemain bernomor punggung 9 itu hanya membentur mistar gawang.

Celebest FC terus menciptakan peluang demi peluang. Sementara Persekap yang dipaksa bertahan sesekali memanfaatkan serangan balik, namun kerap kehilangan bola dengan cepat.

Sang kapten Ryan Wiradinata juga hampir saja membuat jala gawang Persekap bergetar. Sayangnya sepakan spekulasi kapten bernomor punggung 24 itu masih belum menemui targetnya.

Asik menyerang, Celebest FC hampir saja kecolongan melalui aksi cepat penyerang Persekap Pasuruan Rizal Dwi Fitriawan. Di dalam kotak pinalti Celebest FC, striker Pasuruan hanya dikawal oleh bek tangguh M Syarif, untung saja tekel yang dilakukan pemain nomor punggung 13 Celebest FC itu tepat mengenai bola, sehingga gawang yang dijaga Ramadhan terhindar dari serangan Pasuruan.

Celebest FC tidak mengendurkan serangan sama sekali, aksi-aksi individu yang dikombinasikan dengan permainan bola pendek membuat Pasuruan kesulitan menghentikan anak-anak Tanduk Anoa, julukan Celebest FC. Peluang terus diciptakan oleh Selebest, namun belum mampu menciptakan gol.

Sementara Pasuruan yang minim mendapatkan kesempatan menyerang kembali mendapatkan peluang emas jelang akhir babak pertama. Memanfaatkan tinggi badannya, Balada Mahardika yang berposisi sebagai bek tengah membantu penyerangan, heading hampir saja membobol gawang Ramadhan, namun dengan gesit mampu diamankan. Hingga turun minum angka di papan skor masih 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim kembali bermain impresif. Celebest tangguh menyerang, sementara solidnya pertahanan Pasuruan juga membuat tontonan tampak seru.

Baru memasuki menit 60, jala gawang Pasuruan akhirnya bergetar. Imam Baihaqi yang masuk dimenit 30 menggantikan Sandiran mampu melesakkan bola dengan sundulan kepalanya. Pemain nomor punggung 14 itu memanfaatkan bola heading M Syahril yang menerima umpan tarik dari Arie Kiswanto yang masuk menggantikan Hamzah di menit 55. Goal,,, 1-0 untuk Celebest FC.

Bersamaan dengan terjadinya gol. Seorang suporter melemparkan sebuah botol minuman ke arah kursi cadangan di pinggir lapangan, hal ini sempat memicu kegaduhan dan aksi perotes pelatih Pasuruan. Namun suporter tersebut langsung diamankan, dan laga kembali berlanjut.

Lima menit berselang, Celebest FC kembali mendapatkan peluang. Gemelut terjadi di kotak pinalti Pasuruan, sayangnya Baihaqi gagal memanfaatkan kesempatan, dimana penjaga gawang sudah terjatuh. Bola yang dilesakkan Imam Baihaqi masi mampu dihalau pemain bertahan Pasuruan.

Setelah kemasukan satu gol, tensi permainan Pasuruan mulai meninggi, Celebest FC pun meladeni. Sejumlah pemain beberapa kali terpaksa harus ditandu akibat aksi-aksi permainan keras di lapangan.

Memasuki menit 70, Celebest FC kembali mendapatkan kesempatan mencetak gol melalui Baihaqi. Pemain bertahan Pasuruan yang bermain sedikit gegabah melakukan kesalahan di jantung pertahanan sendiri, berniat mengoper bola ke kiper sendiri, justru bola menemui Baihaqi yang sudah siap melepaskan tendangan di dalam kotak pinalti, sayangnya dia kehilangan momentum, bola yang sudah dalam posisi siap diluncurkan ke arah gawang lawan lebih dahulu diamankan penjaga gawang Pasuruan.

Di babak kedua Pasuruan makin sulit membangun serangan, di menit 75 Celebest FC kembali mencetak gol melalui M Syahril atau yang akrab disapa Ojo. Sayangnya bola yang sudah berada di dalam gawang Pasuruan dianulir wasit, Ojo lebih dulu off side

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta, Celebest berhasil menambah 3 poin di group 7 Liga 2 Indonesia.

Pelatih Pasuruan pun mengakui ketangguhan anak-anak Celebest FC.

"Sebenarnya pertandingan tadi enak dinonton, tapi setelah ada ulah suporter akhirnya pemain pun terpancing mulai main keras,” kata Manager Pasuruan Suhami sedikit menyesali adanya insiden.

"Celebest bermain baik sekali, saya suka sekali, tapi saya harap didukung oleh suporter yang baik pula,” ujarnya menambahkan.

"Petaka bagi kita karena (bermain) emosi.”

Sementara itu, Pelatih Celebest FC Rudy Eka Priyambada juga mengakui disiplinnya permainan Pasuruan.

"Pertahanan pasuruan cukup disiplin, babak pertama kita sulit cetak gol. Namun bisa berbuah manis melalui perubahan taktik. Saya mohon maaf juga adanya insiden pelemparan oleh penonton,” kata Rudy.

Meski telah melalui waktu jeda libur Ramadan, tim Tanduk Anoa dalam laga tersebut tetap tampil solid. Menurut Rudy, hal tersebut karena selama libura turnamen Celebest FC tetap intens melakukan latihan.

"Selama jeda kita cuma libur satu minggu, saya juga salut dengan pasuruan pembinaannya,” tandasnya.

Celebest FC akhirnya kembali memenangkan laga kandangnya usai sebelumnya mampu menaklukkan PS Sumba Barat dengan skor 4-0 pada 21 Mei 2017 lalu. Dengan torehan 3 poin tersebut, Celebest FC total sudah mengemas 10 poin.

Sebelum laga kemarin, posisi Celebest FC berada di urutan ke-2 klasemen sementara group 7, kalah satu poin dari Madura FC yang sudah mengumpulkan 8 poin. 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.