Tuesday, 17 January, 2017 - 06:13

Lanal Palu Tanam Mangrove di Pantai Kutaro

TANAM MANGGROVE - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu, Letkol Mar. Mikaryo Widodo, sedang melakukan penanaman mangrove di Pantai Kutoru, Desa Kabonga Besar, Kabupaten Donggala, Jumat 16 Desember 2016. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan ekosistem laut, Pangkalan TNI AL (Lanal) Palu yang bermarkas di Watusampu, menggelar karya bakti bersih-bersih pantai dan penanaman 1000 bibit pohon bakau (mangrove), Jumat 16 Desember 2016, di Pantai Kutoro Kabonga Besar, Kabupaten Donggala.

Dalam kegiatan Karya Bakti tersebut itu dikuti langsung Komandan Lanal Palu Letkol Mar. Mikaryo Widodo dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Donggala Kasman Lassa dan Vera Laruni serta jajaran forkompida kabupaten Donggala.

Danlanal Palu Letkol Mar. Mikaryo Widodo usai rangkaian karya bakti itu mengatakan, selain sebagai bagian dari peringatan Hari Nusantara dan Hari Armada RI, kegiatan itu juga untuk mendukung kebijakan Kabupaten Donggala dalam mensuport potensi kemaritiman.

“Ini bukan kerja TNI AL saja, tetapi juga semua komponen masyarakat untuk mendukung potensi kemaritiman kita,” jelasnya.

Dia Juga mengatakan, kegiatan karya bakti ini, terutama penanaman mangrove sudah merupakan kebijakan dari pimpinan TNI AL untuk mendukung sektor kemaritiman.

“Nah pada 16 Desember ini seluruh jajaran Armada Timur melakasanakan kegiatan yang sama secara serentak,” ungkapnya.

Ditambahkan, penanaman mangrove untuk Lanal Palu tidak berhenti sampai disitu saja. Berikutnya hal yang sama juga akan dilakukan di wilayah-wilayah lainnya di lingkup Lanal Palu.

Sementara itu Bupati Donggala Kasman Lassa menyatakan apresiasinya atas inisiatif Lanal Palu, yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan Perikanan Donggala untuk mewujudkan kegiatan tersebut.

“Ekonomi  kita harus terintegrasi dalam pembangunan daerah dengan memelihara laut dan potensi industri bahari, untuk dinikmati hasilnya nanti bagi anak cucu kita dengan pemberdayaan nelayan kecil dan pemberdayaan potensi industri bahari itu sendiri bagi penduduk kawasan pesisir untuk ekonomi kreatif masyarakat,” sebut Kasman.

Dia mengatakan, kegiatan karya bakti Lanal Palu itu secara langsung telah mendukung Kabupaten Donggala, yang saat ini sedang mempromosikan diri sebagai Kota Wisata, yang salah satunya mengandalkan potensi laut dan pantai sebagai kawasan destinasi wisata.

Selain Danlanal Bupati dan Wakil Bupati Donggala, sejumlah pejabat juga hadir seperti  yang terpantau  Palaksa Lanal Palu Mayor Laut (KH) Deni Nugraha  Ramdani, para asisten Bupati Donggala dan staf ahli, Sekretaris Kabupaten Donggala, Kadis Kelautan Donggala Ali Asaegaf, Wakapolres Donggala  Kompol Pangucap Priyo Sugito, Kadis Kehutan Donggala, Kasdim 1306/DGL Mayor Inf Sugiarto, Pabung kodim 1306/DGL Mayor Inf Muhlis, Kepala BNN Donggala Sumantri Sudirman, Kejari Donggala Gatot Guno Sembodo, dan Ketua Jalasenastri Korcab 4 Cabang VI DJAT Ny. Mikaryo serta Camat Banawa M. Muhammad.


Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan