Wednesday, 26 September, 2018 - 06:27

Libur Nasional Pilkada, Seluruh Pabrik di IMIP Tetap Beroperasi

Karyawan PT IMIP. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Meski Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan Keputusan Presiden tentang Hari Libur Nasional pada Kamis, 27 Juni 2018 karena penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, namun seluruh pabrik atau smelter di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Bahodopi, tetap beroperasi dan berproduksi.

Humas PT IMIP Dedy Kurniawan saat dikonfirmasi mengatakan, pabrik atau smelter nikel di IMIP tidak dihentikan operasionalnya. 

"Pabrik di kawasan PT IMIP tidak bisa berhenti beroperasi," kata Dedy Kurniawan, Senin malam.

Hanya saja, lanjut Dedy Kurniawan, manajemen PT IMIP memberikan kelonggaran bagi karyawan yang memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya berupa perubahan jam kerja. 

"Hanya satu shift saja yang mengalami perubahan jam kerja. Bahkan karyawan yang menyalurkan hak pilih akan diberikan bonus dan jatah lembur," ujar Dedi Kurniawan. 

Perubahan jam kerja berlaku untuk karyawan yang bermukim di Kecamatan Bahodopi dan masuk shift pagi yakni pukul 07:00 pagi. Mereka diberikan kesempatan untuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih. Setelah itu langsung masuk kerja lagi. Sedangkan untuk shift siang dan malam, tidak berlaku perubahan jam kerja. 

Sedangkan bagi karyawan yang bermukim seperti Kecamatan Witaponda, Bungku Barat dan yang jaraknya agak jauh bisa pindah memilih di TPS yang ada di Kecamatan Bahodopi. :Sesuai keputusan KPUD Morowali, mereka dipersilakan mengambil form C5 dan memilih di Bahodopi," kata Dedi. 

Selain itu, manajemen PT IMIP juga menolak adanya TPS di dalam kawasan perusahaan. Sehingga karyawan yang akan memilih akan menyalurkan hak suaranya di TPS luar kawasan perusahaan. 

"Ini untuk menghindari PT IMIP terlibat dalam persoalan politik," kaat Dedi. 

Begitupun selama masa kampanye, manajemen PT IMIP juga menolak dan kandidat memahaminya. 

Sebaliknya, manajemen PT IMIP menghimbau karyawan untuk menggunakan hak politiknya. 

Untuk karyawan yang menyalurkan hak pilihnya akan diberikan bonus dan diberikan jatah lembur sebagai tambahan pemasukan.

Tags: