Wednesday, 27 September, 2017 - 04:11

Lurah Lolu Selatan “Door to Door” Ingatkan Warga Menjaga Kebersihan

Lurah Lolu Selatan, Rosana Hardianty. (Foto : Surahmanto S/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Lurah Lolu Selatan Rosana Hardianty mengatakan pihaknya fokus membangun kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungannya masing-masing.

“Kami langsung mendatangi rumah warga door to door memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan. Tidak jarang kami menemui masyarakat secara langsung ke rumah mereka,” kata Rosana di Palu, Jumat, 7 April 2017.

“Saat ini kami juga melakukan teguran tertulis kepada pemilik usaha agar mereka memperhatikan kebersihan di lingkugannya masing-masing. Untuk memaksimalkan hal ini sebenarnya mudah saja, yaitu kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Palu bebas sampah,” sambungnya.

Selain diberikan kepada pemilik usaha, surat teguran juga diberikan kepada kantor-kantor di wilayah Kelurahan Lolu Selatan.

“Setelah mereka diberikan  surat teguran, pengawasan langsung kami lakukan melalui Satgas K5 yang akan mengawasi sejauh mana mereka bisa membersihkan linkungannya setelah adanya surat teguran yang kami berikan,” katanya.

Rosana mengungkapkan ada beberapa lokasi yang menjadi prioritas untuk dibersihkan.

“Yaitu jalan-jalan utama yang sering dilalui pengendara. Namun kami tetap memantau daerah yang berada lorong-lorong demi terjaganya kebersihan,” lanjutnya.

Pantauan metrosulawesi, sampah yang berada pada drainase Jalan Tanjung Karang beberapa waktu lalu telah dibersihkan dan dipantau langsung oleh Lurah Lolu Selatan.

“Khusus yang sampah di lorong-lorong, kami mengimbau kepada masyarakat, untuk membuang sampah pada titk-titk yang sudah ditentukan. Agar armada pengangkut sampah mudah untuk mengangkutnya,” katanya.
 
“Beberapa kali kami menemukan sampah rumah tangga berada di toko-toko. Sebenarnya sampah tersebut bukan dari pemilik toko, sehingga kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah yang bukan dilokasinya. Kami juga berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup Palu untuk pengangkutan sampah,” jelasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.