Friday, 22 June, 2018 - 13:14

Mahasiswa Palu Ciptakan Aplikasi Hemat Listrik

FOTO BERSAMA - Ketua STMIK Adhi Guna Palu Mus Aidah dan dosen pembimbing Sukardi, M.Kom dan Zainal Arifin, M.Kom, serta Ayub saat foto bersama di Kampus STMIK Adhi Guna. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Mahasiswa program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Palu, Ayub menciptakan aplikasi hemat listrik. Aplikasi ini dapat mempermudah penggunanya untuk mengontrol pemakaian listrik.

“Aplikasi hemat listrik yang dibuat ini, dapat mengukur pemakaian daya listrik sesuai dengan kebutuhan,” kata Ayub bimbingan dari dosen Sukardi, M.Kom dan Zainal Arifin, M.Kom, Sabtu, 3 Februari 2018.

Ayub menjelaskan, tujuan aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna secara adaptif dalam melakukan penghematan daya listrik berdasarkan beban, biaya dan waktu.

Sementara dosen pembimbing Sukardi dan Zainal Arifin sepakat memberi nama Teknologi Aplikasi adalah Piranti Lunak Alesha Switch Autotimer Control Cerdas Berbasis Mini Computer.

Sebenarnya, kata Sukardi, ide teknologi tersebut dirancang sejak 2005, namun belum memiliki arah tujuan serta manfaat yang jelas.

“Setelah mendapatkan berbagai masukan dan sumber referensi, maka pertengahan 2017, penelitian ini mulai dikerjakan dengan melibatkan mahasiswa.
 
“Piranti Lunak yang di kembangkan ini dapat mengatur waktu lama penggunaan pemakaian energi listrik pada bola lampu, sekaligus menghitung biaya beban penggunaan listriknya. Jika sampai pada waktu yang ditentukan, bola lampu akan mati dengan sendirinya,” jelasnya.

Kata dia, aplikasi ini sebagai langkah awal dan akan terus dikembangkan.

“Agar nantinya dapat digunakan masyarakat serta pemerintah untuk penghematan anggaran serta energi listrik,” katanya.

Penemuan ini telah diusulkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia agar memperoleh Hak Cipta dengan nomor pencatatan 000100566 dan berlaku selama 50 tahun.


Editor: M Yusuf Bj