Saturday, 19 August, 2017 - 00:11

Mahasiswa Untad Ciptakan Robot Pemangkas Rumput

Dekan Fatek Untad Dr Amar Ali Akbar (memakai kopiah) berfoto dengan kelompok belajar MIT. (Foto : Untad)

Palu, Metrosulawesi.com - Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) yang bernaung di Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Teknik sukses ciptakan teknologi tepat guna (TTG) berupa Robot Pemangkas Rumput Semi Otomatis yang dikendalikan menggunakan joy stick dengan jarak kendali maksimum 15 meter.

Keunggulan robot ini diantaranya berdimensi kecil, simpel dan mudah dalam perawatan. Selain itu, robot ini sengaja didesain semi tank, agar mampu memotong rumput meski harus bekerja diatas medan dengan kontur tanah bergelombang.

Robot ini merupakan salah satu program kerja per tahun HMM, dimana mahasiswa mampu membuat karya TTG yang bermanfaat bagi masyarakat, serta optimalisasi mahasiswa Teknik Mesin dalam perancangan suatu teknologi, yang mulai diterapkan sejak tahun 2015 lalu.

Heriadi, perancang Robot Pemotong Rumput merupakan Mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2012 mengatakan, pembuatan robot pemangkas rumput ini dimulai dengan membuat studi club yang diberi nama Mechanical Inovation Technology (MIT).

Robot pemangkas rumput ini tercetus saat Dekan Fatek Untad Dr Amar ST MT yang pada saat itu baru menjabat sebagai Dekan Fatek sepintas menyampaikan motivasi agar Teknik  Mesin membuat mesin pemangkas rumput. Atas saran itulah yang dibenak Heriadi dan teman-temannya hingga menindaklanjutinya dalam karya nyata.

Selaku pelopor MIT, Heriadi berharap adanya regenerasi yang bisa meneruskan perjuangan pengurus sebelumnya dalam berkarya khusunya dibidang teknologi tepat.

”Saya berharap pengurus selanjutnya dapat membuat karya baru, untuk mengharumkan nama Teknik Mesin dan Universitas Tadulako serta jangan takut gagal karena awal dari kegagalan itu menuju kesuksesan,” ujar mahasiswa Teknik tersebut. (unt)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.