Wednesday, 26 July, 2017 - 14:31

Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkot Harus Berani Rotasi Pejabat

Slamet Riadi Cante. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Pengamat kebijakan publika Universitas Tadulako, Slamet Riadi Cante mengatakan pada 2016, Pemerintah Kota Palu perlu melakukan penyegaran SKPD untuk memaksimalkan kinerja pelayanan publik.

“Harus ada penyegaran SKPD di 2016. Dengan begitu pelayanan publik yang diberikan dapat berjalan maksimal,” katanya, Sabtu (2/1/2016).

Slamet mengungkapkan bahwa salah satu indikasi tidak terselenggaranya secara maksimal pelayanan publik  di Kota Palu yaitu banyaknya laporan yang  masuk di Ombudsman.

“Itu menandakan kurang maksimalnya pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kota terhadap masyarakat,” katanya.

"Solusinya ya kepada pemerintah. Bagaimana memaksimalkan pelayanan. Misalnya dengan melakukan rotasi pejabat," kata Slamet.
 
Menurutnya, Pemerintah Kota Palu harus punya keberanian untuk merotasi pejabat di lingkup SKPD tertentu.

“Jika SKPD yang dipimpinnya dinilai gagal memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, Pemkot harus berani merotasi pejabatnya. Kita berharap ada rotasi di SKPD pada 2016. Minimal sanksi itu diberikan, agar ada perubahan. 2015 kemarin adalah momentum evaluasi," tegas Slamet.

Sementara terkait relaunching program green and clean di Kota Palu, Slamet mengatakan harus ada evaluasi kembali terhadap program tersebut.

“Program tersebut harus jadi perhatian. Harus di evaluasi ketika SKPD tidak sanggup lagi membuat perubahan dalam menjalankan program tersebut. Karena konsep green and clean bukan saja bersih, tetapi hijau. Saat ini, pemerintah Kota Palu sendiri belum mampu mewujudkan konsep tersebut,” katanya.

"Saya pikir, kebersihan ini harus dipihak ketigakan. Karena pemerintah tidak punya SDM yang mumpuni begitupun fasilitasnya. Solusi tersebut, jauh lebih baik, ketika pemerintah tidak sanggup menjalankan program. Banyak daerah lain menggunakan pihak ketiga untuk menjalankan program tersebut, bahkan hasilnya jauh lebih baik," tutup Slamet.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.