Monday, 28 May, 2018 - 03:24

MAN IC Palu Mulai Buka PPDB

Soim Anwar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar mengungkapkan tahun ini, seluruh MAN Insan Cendekia (IC) yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia serentak mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mulai 1 Februari 2018.  Pendaftaran dilakukan melalui halaman website http://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018.

Sejauh ini, tahapan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN IC tahun 2018 sudah memasuki masa sosialisasi.

Khusus MAN IC Palu, Dirjen Pendis, Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui SK Direktorat KSKK Madrasah tetap memberikan kuota sebanyak 96 siswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019. Khusus MAN IC Kota Palu, dapat diakses melalui website www.manickotapalu.sch.id.

“Sesuai kapasitas asrama, Alhamdulillah untuk MAN IC Kota Palu tahun ini tetap mendapat kuota siswa baru sebanyak 96 orang, jumlah ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar, di ruang kerjanya, Rabu, 24 Januari 2018.

Dikatakannya, sistem penerimaan tahun ini juga tidak mengalami perubahan yang signifikan, yakni tetap melalui sembilan langkah pendaftaran, yakni membuat akun, pilih jalur pendaftaran, regular, luar negeri atau prestasi, pilih MAN IC tujuan, input nilai raport, upload dokumen persyaratan, pilih lokasi tes, cetak bukti pendaftaran dan pengumuman hasil.

“Hanya saja mulai tahun ini ada kebijakan baru, yaitu ada jalur penerimaan khusus untuk siswa yang berasal dari luar negeri yang dibatasi 5 persen dari keseluruhan jumlah yang diterima di masing-masing daerah,” jelasnya.

Soim menambahkan, tahun ini pihaknya juga memberikan kesempatan pada siswa ekonomi lemah tapi memiliki prestasi dalam program Indonesia Pintar, dibuktikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan yang masuk dalam Program Keluarga Harapan.

Khusus jalur prestasi, kata Soim, jika ada yang mendaftar, akan didahulukan pengumumannya. Syaratnya harus memiliki piagam atau medali dari kompetisi sains madrasah. Untuk Tahfidz, harus menghafal Al-Quran sekurang-kurangnya 10 juz yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak sekolah atau  lembaga yang berwenang.   


Editor: M Yusuf Bj