Friday, 20 April, 2018 - 03:40

Maret, Pemkab Sigi Lelang Jabatan Eselon II

Moh Irwan Lapatta. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi mempersiapkan lelang jabatan eselon II paling lambat Maret 2018.

Lelang jabatan itu, terkait kekosongan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Sigi yang ditinggal pensiun. Sehingga diisi pejabat baru melalui lelang jabatan tersebut.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos Msi, kepada awak media, membenarkan adanya lelang jabatan eselon II di lingkup Pemda Sigi. Lelang jabatan itu dilakukan bagi kepala OPD mengalami masa akhir pensiun sehingga jabatan itu mengalami kekosongan.

“Insya Allah, paling lama bulan Maret 2018 akan kami lelang jabatan eselon II. Semua sudah diatur dalam UU ASN dan PP tentang lelang jabatan eselon II itu,” ungkap bupati Sigi, baru-baru ini.

Iwan Lapatta, sapaanya, menambahkan panitia seleksi daerah (Panselda) untuk lelang jabatan eselon II ini dipastikannya telah ada. Bahkan komposisi Panselda yang diambil dari tenaga profesional, tidak diragukan lagi akuntabilitas dan integritasnya.

“Kami ambil Panselda dari dosen Untad, Kota Palu, sesuai dengan latar belakang ilmu masing-masing. Ada dosen dari ilmu pertanian, pemerintahan, pertambangan, teknik, ekonomi, dan lainnya. Mereka bertugas memberi nilai tertinggi 3 besar nantinya,” terangnya.

Hanya saja, kata dia bagi pejabat dinyatakan lolos 3 besar dengan memperoleh nilai tertinggi diminta tidak terlalu gembira dulu. Karena tidak mutlak yang memperoleh peringkat 1 pasti mengisi jabatan eselon II itu. Sebab menjadi penentu jabatan eselon II tetap pasangan kepala daerah.

Bupati dan wakil bupati Sigi bisa memilih 3 besar yang memperoleh poin tertinggi nantinya. Sesuai yang diamanatkan UU yang berlaku.

“Pilihan pejabat eselon II nantinya tetap di tangan saya dengan ibu Paulina (Wabup Sigi). Meskipun pejabat baru itu orangnya hebat, akan tetapi tidak bisa kerjasama dengan kami juga setengah mati roda pemerintahan berjalan,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal