Monday, 20 August, 2018 - 11:44

Maritim Festival dan Budaya Libatkan Tiga Kabupaten, Dinas Pariwisata Sulteng Siap Fasilitasi

PERTEMUAN - Ketua dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan bersama Kepala Dinas Pariwisata Bangkep serta jajarannya mengikuti pertemuan bersama Kadis Pariwisata Sulteng dan Sekretaris Dinas Pariwisata Sulteng di Aula Kantor Dinas Pariwisata Sulteng, Kamis, 18 Januari 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan bersama Kepala Dinas Pariwisata Bangkep serta jajarannya, mengunjungi Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah untuk membicarakan pengembangan wisata, serta rencana promosi wisata di tiga kabupaten yakni Banggai Laut, Banggai Kepulauan dan Banggai. Pertemuan tersebut digelar di Aula Kantor Dinas Pariwisata Sulteng, Kamis 18 Januari 2018.

“Direncanakan di tiga kabupaten tersebut akan ada kegiatan Banggai Maritim Festival dan Budaya, maka dari itu dalam pertemuan hari ini, diawali dengan koordinasi dan berupa pendapat-pendapat dari sejumah pejabat Pemda Bangkep,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Ardiansyah Lamasitudju, Jumat 19 Januari 2018.

Oleh karena itu, Ardiansyah, telah mengagendakan pertemuan dengan kepala dinas baik itu, di Kabupaten  Banggai, Bangkep dan Balut, untuk duduk bersama dalam rangka merancang desain kegiatan Banggai Maritim Festival dan Budaya. Sehingga dari pertemuan tersebut diharapkan dapat menghasilkan, materi atau rundown acara dan perencanaan yang matang untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Kemudian setelah itu kami akan adakan pertemuan dengan Pak Gubernur Sulteng, jika sudah ada arahan dari Gubernur, baru kami akan mengundang para Menteri terkait. Jika perlu kami mengundang Presiden RI untuk melauching kegiatan Banggai Maritim Festival dan Budaya,” jelasnya.

Ardiansyah mengungkapkan rencana pelaksanan kegiatan tersebut telah dimulai saat ini, akan tetapi prosesnya cukup panjang.

“Jadi kami baru mulai sekarang, dirapat pertama ini baru Kabupaten Banggai Kepulauan yang melakukan pertemuan dengan kami, selanjutnya masih ada dua Kabupaten yang belum kami temui,” ujarnya.

Banggai Maratim Festival dan Budaya ini kata Ardiansyah, merupakan gagasan dari tiga Kabupeten tersebut. Menurutnya kegiatan ini bagus, dan Dinas Pariwisata Sulteng nantinya mencoba mendukung dan membantu backup dalam merealisasikan, dalam bentuk desain perencanaan Maritim Banggai Fesitival Budaya.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangkep Rahman H Makmur mengungkapkan, tujuan pertemuan ini adalah untuk meminta Pemerintah Provinsi menfasilitasi tiga kabupeten yakni Bangkep, Balut dan Banggai, dalam rangka mempersiapkan diri untuk membicarakan rencana dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Keluatan dalam menggelar kegiatan Banggai Maritim Festival dan Budaya.

“Kegiatan itu juga merupakan promosi pariwisata di tiga Kabupaten. Olehnya itu kami tidak bisa bergerak sendiri-sendiri seharusnya tiga kabupaten ini harus duduk bersama, maka yang bisa memimpin itu adalah Pemeritah Provinsi. Makanya kami datang ke Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng meminta untuk difasilitasi,” ungkap Rahman.

Sekaligus kata Rahman, mempertanyakan terkait dengan program apa saja di tahun 2018 yang sudah di programkan oleh Dinas Pariwisata Sulteng kepada Banggai Kepulauan.

“Intinya adalah hasil dari pertemuan ini Pemerinah Provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata Sulteng siap untuk mengundang tiga kabupeten, untuk duduk bersama membicarakan kegiatan tersebut, kemudian mereka juga siap berkordinasi dengan pihak Kementerian terkait,” ujarnya.
 
 
Editor: Syamsu Rizal