Saturday, 22 September, 2018 - 05:57

Masjid di Pesisir Palu akan Diberdayakan

Abdul Hafid. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Palu akan menggalakan aktifitas, sarana-dan prasarana, serta kesejahteraan para imam Masjid di wilayah pesisir melalui program Safari Jumat yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan.

“Disamping membangun fisik dan non fisik, visi misi Pemkot Palu juga meningkatkan iman dan taqwa. Oleh karena itu, Walikota Palu, Hidayat M.Si punya keinginan, karena Beliau sering  sholat Jumat di berbagai masjid di Kota Palu, untuk lebih memberikan perhatian kepada masjid-masjid yang berada di pesisir Kota Palu,” kata Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Palu, Abdul Hafid saat Rapat Koordinasi pelaksanaan Safari Jumat di Palu, Kamis, 16 Agustus 2018.

“Khususnya masjid-masjid di wilayah bukit Kota Palu diatasnya Tipo. Pak Walikota ingin masjid tersebut selalu mengumandangkan azan saat waktu salat tiba. Pak Walikota juga ingin yang baca khutbah jumat, tidak selalu imam pada masjid tersebut,” tambahnya.

Hafid mengungkapkan, pihaknya akan menyediakan para mubalig untuk masjid-masjid tersebut dan akan membiayainya.

“Program ini benar-benar akan terlaksana maksimal pada tahun depan. Dalam rapat ini kami mengundang tiap lurah dan camat untuk memasukan nama-nama masjid dan para imam masjid, insyaallah bulan depan, program ini sudah mulai dilaksanakan,” katanya.

Hafid mengungkapkan penetapan pelaksanaan Safari Jumat dua kali sebulan karena pihaknya terlebih dulu harus menyiapkan para mubalig.

“Jadi nanti akan kami tim yang melibatkan Pemkot Palu dan Kemenag Kota Palu. Kami sudah sediakan khotbahnya. Jadi imam itu hanya menyiapkan fisik dan mentalnya. Kalau kemarin kan, imam yang mengambil seluruh pekerjaan di masjid, mulai dari azan hingga khotbah Jumat,” jelasnya.

Hafid mengatakan tidak semua masjid akan disentuh oleh program ini.

“Jumlah masjid di Kota Palu kurang lebih 400 buah. Namun tidak semuanya kami akan bantu. Kalau masjid-masjid dalam kota sudah termanajemen baik kegiatannya,” katanya.

Bahkan, kata Hafid, pada 2019, Pemerintah Kota Palu akan memberikan insentif bagi para imam masjid di Kota Palu.

“Didahulukan imam masjid di wilayah pesisir Kota Palu. Pembiayaan listrik masjidnya pun akan kami bantu. Namun masjid yang kami bantu tersebut khusus masjid yang jamaahnya belum bisa membiayai masjidnya,” ungkapnya.

Bantuan tersebut, kata Hafid, tidak hanya berlaku bagi pemeluk Islam saja, namun agama lain juga dibantu oleh Pemkot Palu.

“Kalau sekarang yang sudah jalan adalah bantuan kepada LPPD (Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah), ini untuk umat Kristen. Kalau untuk pemeluk Hindu dan Budha, Pemkot Palu memberikan bantuan pada hari-hari besar keagamaannya,” ungkap Hafid.

“Beberapa waktu lalu kami memberikan insentif kepada biksu dan pemuka agama Hindu. Jadi Bidang Kesra Sekretariat Kota Palu untuk semua agama,” tambahnya.