Tuesday, 21 November, 2017 - 07:04

Masyarakat dan Media Harus Terlibat Maksimalkan P4GN

Pemateri sosialisasi oleh BNNK Palu. (Foto : Surahmanto S/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Palu membentuk tim relawan yang berasal dari masyarakat dan jurnalis. Hal ini bertujuan untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba di Palu secara masif.

Demikian disampaikan Kepala BNNK Palu AKBP. Sahidi di Palu, Senin, 3 April 2017. Kata dia, pembentukan tim relawan tersebut diharapkan dapat menekan angka peredaran sekaligus pengguna narkoba di Kota Palu.

“Kita ketahui bersama, sejak 2015, Presiden menjelaskan bahwa negara Indonesia sudah berstatus  darurat narkoba. Sekitar 4.098.029 orang berusia 10-59 tahun yang terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba dengan kerugian negara mencapai Rp63,1 triliun,” kata Sahidi dalam acara sosialisasi P4GN di Hotel Lawahba Palu.

“Dengan data tersebut, kita harus melakukan kampanye memerangi narkoba secara masif melalui sosialisasi pencegahan dan penyalahgunaan bahaya narkoba. Harapannya melalui kegiatan tersebut, kita akan membentuk tim relawan demi terwujudnya P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” sambungnya.

Sahidi mengungkapkan tim relawan yang akan dibentuk itu berperan aktif untuk mengkampanyekan P4GN.

”Relawan nantinya akan menjadi penggerak utama P4GN, karena mereka sebagai fasilitator, inisiator sekaligus motivator dalam menjalankan peran mereka kedepan,” ungkapnya.

“Beberapa tugas yang akan mereka laksanakan, antara lain sebagai penggerak untuk menyebarluaskan informasi, serta mendorong segala aktifitas yang bertujuan sebagai penyuluh ntuk memberikan pengetahuan serta pemahaman terkait P4GN,” sambungnya.

Tercatat dua hari pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan Jumat, 31 Maret 2017 dan Senin, 3 April 2017, berdasarkan laporan dari salah satu panitia kegiatan Yamin Patra, formulir tim relawan yang masuk sudah mencapai 40 lebih.

Salah satu pemateri dari Dewan Pers  Dr.Rahmat Bakri.SH.MH mengungkapkan peran media dalam memberikan informasi sangat berpengaruh terhadap masyarakat.

“Narkotika kita sepakati sebagai salah satu kejahatan yang luar biasa, sehingga peran masyarakat sangat penting untuk proaktif terlibat dalam mengkampanyekan P4GN, karena masyarakat merupakan  pertemuan awal beredarnya narkoba,” katanya.

“Pers dalam perannya seharusnya memberikan pemberitaan yang positif kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, memberikan edukasi terhadap masyarakat agar memberikan dampak yang baik kepada masyarakat. Termasuk melakukan fungsi kontrol terhadap institusi negara terhadap perkembangan peredaran narkoba khusunya di Kota Palu,” sambungnya.

Kata dia, bentuk kritik terhadap institusi dibutuhkan agar lebih memperhatikan segala bentuk tindakan peredaran dan penggunaan narkoba serta memberikan kesadaran kepada masyarakat.

“Narkoba bukan hal yang jauh dari masyarakat, sehingga masyarakat sangat penting untuk proaktif memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berwenang, agar pencegahan dan penindakan terkait peredaran narkoba terlaksana,” ungkapnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.