Friday, 23 June, 2017 - 11:33

Maulid Nabi di Sulbar Meriah

MERIAH - Beginilah suasana peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Mamuju tahun lalu. (Foto : Dok)

Majene, Metrosulawesi.com – Sudah menjadi tradisi yang berlangsung secara turun temurun, warga Salabose, Majene melaksanakan peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW tepat di hari kelahiran beliau 12 Rabiul Awal.

Peringatan yang "dibalut" dengan tradisi tusuk telur setinggi pohon bambu itu, senantiasa dihadiri pejabat tinggi di Sulbar, seperti halnya pada peringatan maulid belum lama ini, ikut hadir Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh serta Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto.

Peringatan Maulid yang berlangsung meriah itu mengangkat tema “ dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kita aktualisasikan nilai-nilai keteladanan Rasulullah menuju masyarakat yang cinta Maulid, cinta Rasul, cinta Damai, toleran dan berbudaya.” Sementara, Pada peringatan ini diawali pembacaan Salawat Hubbul Rasul dan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua Universitas STAI Kabupaten Majene, DR. Nafis Djueni, MA. Dalam pesan utama tausiyahnya adalah bagaimana manusia dan seorang pemimpin harus hidup dengan menjunjung rasa kemanusiaan, adil dan berintegritas dengan mengaktualisasikan nilai-nilai keteladanan Rasulullah cinta terhadap kedamaian, toleran dan berbudaya. Serta kata dia, junjung tinggi toleransi antar sesama.

“Jika rasa toleran kita pupuk. Insya Allah Majene kedepan akan lebih aman dan sejahtera,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, juga turut memberikan sambutan dengan mengatakan, bahwa kedaulatan dan perangai rasulullah sangat penting untuk diimplementasikan bersama pada kehidupan saat ini. Anwar meyakini, kehidupan masyarakat Majene akan tetap harmonis ditengah isu dan sara apabila menjalankan ajaran rasulullah dengan baik dan benar.

Pada acara tersebut terlihat salah seorang calon wakil gubernur yang juga isteri Gubernur Sulbar Hj. Enny Anggraeni, Wakil Ketua DPRD Provinsi, Sekprov Sulbar, Bupati Majene Fahmy Massiara, Wakil Bupati Majene Lukman, Dir Reskrimum Kombes Pol Heriwiyanto,  Kapolres Majene Akbp Grendie Teguh Pidegso, Dandim 1401 Majene, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Majene, para kepala SKPD Majene, Mantan Bupati Majene Kalm Katta ,dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan persembahan tarian jepeng dilanjutkan dengan pemberin uang pembinaan pembuatan Tiri’ Maulid.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.