Friday, 22 June, 2018 - 07:42

Menag RI Belum Tentukan Rektor IAIN Palu

Prof Zainal Abidin. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Prof Zainal Abidin mengatakan proses pemilihan Rektor IAIN Palu sudah tahapan final.

Munurutnya, ketiga calon Rektor IAIN telah memenuhi syarat, sehingga Menteri Agama RI  tidak terlalu susah memilih diantara calon tersebut.

“Karena tiga nama calon Rektor IAIN telah berada di meja Menteri Agama (Menag) RI, tinggal Pak Menag  memilih salah satu diantara calon yang dimasukkan oleh komisi seleksi,” kata Zainal usai membawa materi di Holte Mercure Palu, Senin malam, 4 Desember 2017.

Saat ini, kata dia, penentu siapa Rektor IAIN Palu berada ditangan Menag RI. Biasanya, dua atau tiga hari sebelum pelantikan, baru ada informasi pengumuman melalui ponsel.

“Ada informasi pelantikan, tetapi kami tidak bisa sebut kapan, yang jelas sekitar Desember ini, di pertengahan atau akhir Desember 2017,” ujarnya.

Zainal berharap siapapun yang terpilih memimpin IAIN Palu, itu yang terbaik menurut pandangan Menag RI.

“Siapapun orangnya kita akan dukung dan kami memberikan perhatian juga, bagaimana pengembangan IAIN kedepan. Apalagi sudah ada S3, Kampus II juga sudah jalan. Maka saya berharap kalaupun bukan saya bisa melanjutkan apa yang telah diprogramkan, selama dianggap baik, silahkan dilanjutkan, kalau ada kekurangannya, tentu segera diperbaiki,” jelas Zainal.

Yang jelas kata Zainal, harus ada kesinambungan, karena pihaknya mau pendidikan tinggi Islam di Sulawesi Tengah bisa sejajar dengan daerah lainnya.

“Kita mau membangun sumber daya manusia, kita mau mengejar ketinggalan daerah kita dengan deaerah lainnya,” katanya.
 
Tiga calon Rektor IAIN Palu yang kini telah berada di tangan Menag Ri yakni Prof Zainal Abidin, Dr. Lukman Taher dan Dr. Sagaf Petalongi.


Editor : M Yusuf Bj

Tags: