Saturday, 16 December, 2017 - 03:33

Mobil Kijang Tua Penyebab Ledakan di SPBU Morowali

Kebakaran SPBU Bungku, Morowali. (Foto : Dok MS)

Morowali, Metrosulawesi.com - Kebakaran terjadi di SPBU Bahomohoni, Bungku Tengah, Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat petang (10/10/2014) sekitar pukul 17.35 wita.

Menurut petugas SPBU di lokasi kejadian, bahwa sumber api berasal dari percikan listrik kabel kontak mobil kijang open yang sedang mengisi bahan bakar.

Mobil tersebut tidak memiliki kunci kontak, dan hanya menggunakan kabel kontak yang digesek untuk menghidupkan mesin.

Akibatnya, percikan api dari kabel kontak itu secara spontan merembes ke bahan bakar.

Si jago merah mulai melalap pompa bensin dan mobil kijang open itu hingga terdengar suara ledakan dan hangus terbakar. Bahkan, bangunan SPBU roboh dilalap api.

Beruntung, sopir mobil tersebut dan para pengendara yang mengisi BBM sempat menyelamatkan diri dari kobaran api. Sedangkan seorang petugas SPBU mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Kobaran api cepat dipadamkan, karena satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) pemerintah daerah cepat berada di lokasi kejadian. Hanya sekitar 15 menit api berhasil dipadamkan. Mobil damkar sendiri terlihat bolak-balik mengisi air yang diambil dari sungai Ipi.

Menurut warga di lokasi SPBU, bahwa mobil kijang open tersebut berkali-kali masuk mengisi BBM. Bahkan, seringkali orang terlihat bebas merokok di area SPBU. Antrian pengisian BBM kerapkali terjadi di SPBU itu.

 
Editor : Subandi

 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.