Sunday, 22 July, 2018 - 09:12

Mobil Kontainer Lewat, Wali Kota Melotot

Ilustrasi mobil kontainer. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulteng.com - Wali Kota Palu Rusdi Mastura duduk santai mengopi di Jln Setiabudi. Ia asyik mengobrol dengan beberapa pengunjung lainnya.

Tiba-tiba Rusdi pun berhenti mengobrol. Matanya melotot melihat mobil kontainer lewat dikawal polisi.

Beberapa menit kemudian lewat lagi sebuah mobil kontainer. Wali kota pun hanya terdiam menyaksikannya. Tak lama kemudian muncul lagi mobil kontainer melintas di depannya.

Sebenarnya sudah ada peraturan daerah atau Perda yang mengatur masuknya mobil kontainer ke dalam kota. Dalam perda antara lain menyebutkan mobil kontainer diatur masuk dalam kota pada malam hari.

Wali Kota Palu Rusdi Mastura pun hanya mampu menyaksikan mobil-mobil kontainer itu lewat di depannya. Ia tak mampu untuk menindak langsung mobil-mobil kontainer yang melanggar itu.

”Susah juga mengaturnya. Kita larang tetapi pengusahanya minta bantuan polisi untuk mengawalnya masuk kota. Selain itu juga, ini bisa berpengaruh dengan inflasi," kata Rusdi dalam suatu kesempatan.

Rusdi Mastura betah duduk sampai berjam-jam di warung kopi sambil mengobrol dengan pengunjung lainnya. Topik pembicaraan pun mulai dari soal politik sampai dengan hal-hal ringan yang kerap membuat pengunjung lainnya tertawa lepas.

Wali kota satu ini memang unik. Ia punya kebiasaan untuk selalu mengobrol santai dengan warganya. Ia benar-benar tak punya jarak dengan warganya. Bahkan bila ada warga yang datang meminta bantuan padanya, Ia tidak mengenal kata tidak untuk ringan tangan memberikan bantuannya.