Sunday, 23 July, 2017 - 06:59

Monano Juara Lomba Desa dan Kelurahan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Buol, Masrul Day Hasyim. (Foto : Agus Rioeh/ Metrosulawesi)

Buol, Metrosulawesi.com - Desa Monano Kecamatan Karamat dinobatkan sebagai juara Lomba Desa dan Kelurahan se Kabupaten Buol. Desa Monano diputusan dan ditetapkan sebagai juara melalui rapat tim pemenangan lomba di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Buol, Jumat 5 Mei 2017. Rapat dihadiri dinas, badan dan instansi vertikal terkait.

Adapun juara II Desa Bungkudu Kecamatan Bukal dan juara III Desa Tang Kecamatan Bokat. Sedangkan untuk kategori kelurahan, juara I diraih Kelurahan Buol.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Buol Masrul Day Hasyim kepada Metrosulawesi Selasa 9 Mei 2017 di kantornya mengatakan, sebagai bentuk evaluasi terhadap pembangunan tahunan di tingkat desa dan kelurahan maka perlu dilakukan upaya pengawasan dan pembinaan melalui penilaian desa dan kelurahan yang berpotensi.

Hal ini dimaksudkan untuk mendorong tumbuh kembangnnya sikap dan perilaku pemerintah desa dan kelurahan serta kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan pembangunan sehingga proses dan tujuan pembangunan tercapai.

Menurut Masrul Day Hasyim, lomba desa dan kelurahan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendorong usaha pembanggunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha masyarkat dalam pembangunan desa.

“Sedangkan manfaat lomba ini sebagai upaya memberikan apresiasi dan motivasi guna terus tumbuh dan berkembang partisipasi dan kewaspadaan masyarakat dalam segenap kegiatan pembangunan. Selain mengevaluasi perkembangan pelaksanaan pembangunan serta kinerja aparatur di desa dan kelurahan agar benar-benar melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik,” ujarnya.

Penilaian lomba ini dititikberatkan pada data perkembangan desa dan kelurahan, inisiatif dan kreatif, tingkat kepatuhan pada kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, kinerja dan kepala desa dan perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat di wilayahnya.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.