Tuesday, 21 November, 2017 - 07:02

Morowali Seminarkan Rencana Penanaman Modal

FOTO BERSAMA - Tim ahli dari Untad Palu foto bersama. (Foto : Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Bungku, Metrosulawesi.com - Pemerintah daerah Kabupaten (Pemkab) Morowali seminarkan laporan pendahuluan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) dan Rencana Pengembangan Industri Kabupaten (RPIK) di aula kantor Bappeda Kabupaten Morowali,Rabu 1 November 2017. Seminar melibatkan tim ahli.

Bupati Morowali yang diwakili Asisten III Pemkab Morowali Siti Samria Sia mengatakan, RUPM berfungsi mensinergikan dan mengoperasionalkan kepentingan sektoral sehingga tidak akan terjadi ketimpangan dalam penetapan prioritas yang akan dikembangkan dan dipromosikan.

"Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal mengamanatkan setiap kabupaten/ kota wajib menyusun RUPM," papar Asisten III saat membacakan sambutan pada acara seminar.

Dijelaskan RPIK merupakan dokumen perencanaan yang menjadi acuan dalam pembangunan industri, disusun agar memperhatikan potensi sumber daya industri daerah serta memperhatikan kegiatan sosial ekonomi dan daya dukung lingkungan.

"Begitupula dengan RPIK,diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014, tentang Perindustrian pada pasal 10 dan 11. Dua dokumen, tentu tidak akan bisa menyentuh akar permasalahan tanpa ada masukan, saran dan koreksi," sebut Siti Samria Sia.

Pelaksanaan seminar diikuti oleh kepala dinas dan kepala badan, sekretaris dinas, camat, kepala bidang, kepala sub bidang bersama staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Morowali dan tim ahli penyusun dokumen dari Universitas Tadulako (Untad) Palu.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.