Sunday, 25 June, 2017 - 20:23

Narkoba, Kasat Polair Polres Donggala Dicopot

Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi. (Foto: Dok Metrosulawesi/ Eddy)

Kapolda Instruksikan Tes Urine Semua Anggota

Palu, Metrosulawesi.com – Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Rudy Sufahriadi mengungkapkan Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasat Polair) IPTU AR (Asrul Rumambi) sudah dicopot dari jabatannya karena tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba.

“Yah kita sudah copot dari jabatannya. Sekarang kita sudah proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Rudy Sufahriadi kepada wartawan di Mapolda Sulteng, Selasa 18 April 2017.

Selain Iptu Asrul Rumambi, dua anggotanya yakni Bripka Ferdy dan Bripda Fendi Amirthung juga diperiksa intensif dalam kasus yang sama. Saat ini, ketiga anggota kepolisian tersebut ditahan di Mapolda Sulteng.

Jika terbukti melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahunn 2009 tentang narkotika, maka ketiganya terancaman hukuman paling sedikit 4 tahun  dan maksimal 15 tahun penjara.

Kapolda mengatakan, telah memerintahkan agar semua personel polisi di wilayah Polda Sulawesi Tengah menjalani pemeriksaan tes urine. Tidak menutup kemungkinan, pelanggaran serupa juga terjadi di tempat lain.  Menurutnya, penyalahguna narkoba oleh oknum polisi tidak bisa ditolerir dan harus mendapatkan sanksi tegas.

Informasi yang dihimpun, Kasat Polair Polres Donggala, Iptu AR dan dua anggotanya yakni Bripka F dan Bripda FA, diamanakan Propam Polda Sulteng terkait informasi dari anggota Paminal.

Berdasarkan laporan tersebut Bidang Propam Polda Sulteng didampingi Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sulteng turun melakukan tes urine kepada anggota di Markas Satuan Polair yang berada di Desa Loli. Seluruh anggota diperiksa urinenya, tidak terkecuali Iptu AR yang juga selaku Kasat Polair Polres Donggala.
Setelah beberapa hari ditunggu, hasil tes urine akhirnya keluar juga. Ditemukan tiga anggota Satpol Air Polres Donggala tersebut terbukti menggunakan zat amphetamine dan methaphetamin yang terkandung dalam narkoba jenis sabu-sabu. 


Editor : Syamsu Rizal

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.