Tuesday, 19 June, 2018 - 06:59

Nasdem sudah Full, Pemprov Berangkatkan 386

ANTRIAN PENDAFTAR - Warga mendaftar untuk ikut mudik gratis di Kantor DPW Nasdem Sulteng. Hingga Rabu 6 Juni, jumlah pendaftar mudik gratis sudah memenui kuota. (Foto: Ist)

Program mudik gratis menjelang Idul Fitri sudah menjadi hal yang lumrah. Tahun ini, Pemprov Sulteng dan DPW Nasdem Sulteng kembali melaksanakan program itu.

MUDIK gratis Partai Nasdem Sulawesi Tengah dinyatakan full. Ketua Panitia Penyelenggara Mudik Gratis Mansur M Yahya mengemukakan di Palu, Rabu 6 Juni.

"Untuk beberapa tujuan dinyatakan ditutup karena telah memenuhi kuota, bahkan berlebihan. Kecuali tujuan kabupaten Parigi Moutong dan kabupaten Donggala," ungkap Ancu, panggilan akrab Mansur M Yahya.

Kata Ancu, untuk kabupaten Parigi Moutong, tersisah 29 seet. Sedangkan untuk tujuan Kabupaten Donggala (pantai barat) tersisa 16 seat. Untuk dua tujuan ini, pendaftaran tetap dibuka hingga Ahad tanggal 10 Juni 2018.

"Permintaan cukup tinggi untuk tahun ini, sementara kami hanya menyediakan 1.000 seat. Ini karena kenderaan yang tersedia di PO sangat terbatas," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPW Petani Nasdem Sulteng itu mengemukakan, bahwa mereka sangat berkeinginan memberangkatkan semua calon pemudik ke kampungnya masing-masing. Namun keterbatasan armada membuat mereka terpaksa menutup pendaftaran untuk beberapa tujuan.

"Kepada calon pemudik yang sudah terdaftar, diminta menyiapkan diri untuk diberangkatkan secara serentak pada hari Senin 11 Juni 2018, siang hari, pukul 14.00 Wita, di lokasi Wisata Penggaraman Pantai Talise Kota Palu," harap Ancu.

Dijadwalkan, mudik gratis ini akan dilepas langsung oleh Ahmad M Ali, Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem.

Atas nama partai Nasdem, Mansur M Yahya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulawesi Tengah terlibat dalam kegiatan sosial ini.
 
Diberitakan sebelumnya, bahwa DPW Partai Nasdem Sulteng menyediakan 1.018 seat, 105 Armada, terdiri dari Bus dan Mini Bus pada program mudik gratis tahun ini.

Sementara itu, sebanyak 386 pemudik gratis yang diprogramkan Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan diberangkatkan pagi ini, Kamis, 7 Juni 2018. Ratusan pemudik gratis tersebut diberangkatkan dengan menggunakan 23 bus.

“Insya Allah, pemberangkatan mudik gratis akan dilepas oleh bapak gubernur di jalan Sam Ratulangi Palu, tepatnya didepan Kantor Gubernur Sulteng,” ujar Plt Kepala Dishub Sulteng Fahrudin kepada Metrosulawesi, Rabu, 6 Juni 2018.

Fahrudin menjelaskan para pemudik tersebut akan diberangkatkan dari Palu menuju tujuh kabupaten yang menjadi tujuan mudik gratis yaitu Palu-Poso, Palu-Tolitoli, Palu-Buol, Palu-Luwuk, Palu-Tojo Unauna, Palu-Morowali, dan Palu-Morowali Utara.

Adapun tujuan pemudik terbanyak yaitu Palu-Luwuk, Palu-Tolitoli, Palu-Buol dan Palu-Morowali. Program mudik gratis Dishub Sulteng bekerjasama dengan sejumlah Perusahaan Otobus (PO) di daerahnya.

Selaku Plt Kepala Dishub Sulteng, Fahrudin memastikan 23 bus PO yang digunakan para pemudik gratis dalam kondisi laik jalan. Kepastian dinyatakannya karena bus-bus tersebut telah melalui ramp check (pemeriksaan).

Untuk memenuhi kriteria laik jalan, ada lima hal yang harus dipenuhi, yaitu ban tidak boleh aus, ban vulkanisir tidak boleh di depan, kaca depan tidak boleh retak apalagi pecah, speedometer harus berfungsi, rem tangan juga harus berfungsi serta adanya sabuk pengaman.

“Semua bus yang dipakai pemudik dalam keadaan laik jalan karena sudah melalui ramp check,” ucap Fahrudin.

Fahrudin berharap para pemudik tiba dengan selamat ketujuan masing-masing dan bertemu keluarga. Seperti diketahui program mudik gratis sendiri buka pertama kali lagi diadakan Pemprov Sulteng dalam momentum hari besar kegamaan seperti Idul Fitri dan Natal.

Program mudik gratis diprioritaskan bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin pulang ke kampung halaman. Selain itu, juga kepada masyarakat dengan status ekonomi lemah di daerah ini.

Bagi mahasiswa dan pelajar yang mendaftarkan diri harus menunjukkan kartu tanda mahasiswa/pelajar. Untuk masyarakat selain mahasiswa dan pelajar, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pendaftaran mudik gratis dimulai pada 24 Mei dan berakhir pada 6 Juni 2018.


Editor: Udin Salim