Thursday, 20 September, 2018 - 20:25

Nasrudin Sebut Warga Touna Sangat Toleran

DR Nasrudin L Midu. (Foto: Ist)

Touna, Metrosulawesi.com - Masyarakat Kabupaten Tojo Unauna merupakan salah satu masyarakat yang sangat menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan umat beragama. Hal itu dapat dilihat dari rendahnya gesekan antar umat beragama, kelompok dan golongan beragama yang terjadi di Touna.

Kepala Kantor Kementerian Agama Touna DR Nasrudin L Midu mengaku, hampir tidak ditemukan gesekan antar kelompok maupun golongan beragama di Touna. Kondisi ini, kata dia harus terus dipupuk dan dibina.

"Ini menunjukan jika masyarakat di Touna sangat menjunjung tinggi toleransi, makanya kehidupan masyarakat di Touna sangat harmonis,” ujarnya kepada Metro Sulawesi belum lama ini.

Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Poso itu menilai, Kabupaten Touna yang mayoritas atau sebanyak 90 persen penduduknya beragama Islam, sangat toleran. Mereka dapat mengayomi pemeluk agama diluar Islam. Bahkan, termasuk organisasi-organisasi di tubuh Islam sendiri yang ada di Touna dapat saling menjaga kebersamaan.

"Sebagai pemeluk agama mayoritas di Touna, umat Islam di Touna sangat toleran, termasuk ada banyak organisasi Islam sendiri. Seperti Al-Khairaat, NU, Muhamadiyah dan lain-lainnya yang dapat saling menjaga kebersamaan," ujarnya.

Apalagi secara psikologis, penduduk asli Touna yaitu suku Taa, Baree adalah suku-suku yang sangat terbuka dan menghargai perbedaan dan selalu menghindari konflik.

"Inilah kekayaan yang dimiliki Touna," tuturnya. 


Editor: Syamsu Rizal