Wednesday, 20 June, 2018 - 16:58

Ngobrol Bareng Dentist, Inovasi PDGI Sulteng untuk Masyarakat

NGOBROL BARENG - Sejumlah pengurus dan anggota PDGI serta masyarakat Lagarutu dan pengurus  Masjid Jami’An- Namirah Palu, saat mengikuti gobrol bareng dentist dan ustadz, di Masjid tersebut, Minggu, 27 Mei 2018. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Ngobrol Bareng Dentist dan Ustadz di Masjid Jami’An- Namirah Palu, Minggu, 27 Mei 2018.

Ketua PDGI Cabang Sulteng, drg. Moh Gazali, Sp.BM, Mars mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah bentuk inovasi dari kegiatan kerohanian organisasi. Tiap Ramadan, PDGI Sulteng rutin menggelar ragama kegiatan sosial bagi masyarakat.

“Namun di tahun sebelumnya kami hanya kunjungan di panti-panti asuhan, tetapi kali ini kami ubah dengan warna baru sedikit. Kita buat semacam pendekatan ke masyarakat dengan anggota PDGI, pengurus, anggota dan masyarakat kami dekatkan dalam suatu forum seperti ini,” katanya.
 
Kata dia, forum ini bukan ilmiah sekali, tetapi ilmiah yang bisa ditelaah oleh masyarakat umum.

“Jadi ada penjelasan dari dokter giginya, ada juga penjelasan dari penceramah tentang agamanya,” ujarnya.

drg Gazali mengungkapkan, tahun ini, ada beberapa kegiatan yang digelar pihaknya, diantaranya berbagi berkah di Ramadan bersama anak panti asuhan pada 1 Juni 2018, kemudian dilanjutkan PDGI Sahur On The Road yang digelar pada 3 Juni mendatang.

“Intinya pada Ramadan 1439 Hijiriyah ini, kita membuat tiga kegiatan yang pertama ngobrol bareng, Kedua, kami berbagi berkah di Ramadan bersama anak panti asuhan, dengan mengajak anak panti untuk berbelanja sesuka hati mereka di salah satu Mall, dengan menggunakan voucher. Karena kami ketahui, anak-anak ini mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda,” jelasnya.

Untuk Sahur On The Road, kata drg Gazali, pihaknya akan jalan ke sejumlah masjid.

“Kami kali ini mencoba memberikan makanan sahur kepada orang-orang yang itikaf di masjid,” katanya.

Gazali mengungkapkan dalam ngobrol bareng tersebut, ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya adalah tentang kesehatan gigi dan mulut berkaitan dengan puasa.

“Maka dalam obrolan itu ada bahasa medisnya, ada juga bahasa keagamaan dari Ustadz,” jelasnya.

“Jadi bahasa medis tentang problem-problem kesehatan gigi dan mulut selama bulan Ramadan, dan disisi lain ada bahasa keagamaan,” jelasnya.

Dalam acara ini sekaligus dilaksanakan buka puasa bersama dengan jamaah masjid Jami’An- Namirah Palu, masyarakat sekitar Jalan Lagarutu.

“Kami berharap sesuai dengan tema kita “Tebar Senyuman” maka kami ingin semua yang bersentuhan dengan kita itu, bisa tersentuh selama bulan Ramadan 1439 H,” katanya.

Sementara, ditempat yang sama, Ketua Panitia PDGI Sulteng drg. Dina Maisara mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut sebagai wadah silaturahmi atau komunikasi antar dokter gigi yang bertugas di Sulawesi Tengah.
 
“PDGI merupakan wadah bagi dokter gigi Indonesia, bukan hanya dalam memajukan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat, akan tetapi juga memiliki tangungjawab moral dalam pembinaan kerohanian anggota PDGI berupa aksi amal. Sehingga organisasi ini dapat betul-betul memberi kontribusi dan dapat dirasakan keberadaannya ditengah masyarakat Sulteng,” ujarnya.

Oleh karena itu, drg Dina, dalam rangka menyambut dan mensyi’arkan bulan Suci Ramadan, segenap keluarga besar PDGI Sulteng menggelar berbagai kegiatan diantaranya, ngobrol bareng dentist dan ustadz H Rifain, S.Ag, dan seminar diisi oleh drg. Fadil Abdillah Arifin, Sp. KG, dengan mengangkat tema “Perubahan yang Terjadi Pada Rongga Mulut Selama Berpuasa”. (del/edy)


Editor: M Yusuf Bj