Wednesday, 19 September, 2018 - 19:11

Nilai Transaksi Sulteng Expo Ditarget Rp21 Miliar

Shandra Tobondo. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Dalam rangkaian HUT Provinsi Sulawesi Tengah ke-54, Pemprov Sulteng akan melangsungkan Sulteng Expo di Sirkuit Panggona eks STQ Palu, mulai 13 sampai 17 April 2018.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTSP) Sulteng, CH Shandra Tobondo menegaskan, Sulteng Expo diperuntukkan kepada semua masyarakat.

“Semua masyarakat bisa datang ke Sulteng Expo, gratis. Untuk nonton artis juga gratis, kecuali kalau mau beli barang yang dijual di stand” ujar Shandra di Palu baru-baru ini.

Dia menerangkan, artis ibu kota yang akan didatangkan untuk memeriahkan Sulteng Expo yaitu Cita Citata, Donnie Ada Band dan Roy Boomerang. Sulteng Expo akan diisi pameran barang, produk dan kuliner dari berbagai daerah se Indonesia. Sulteng Expo juga akan dirangkaikan sejumlah kegiatan di antaranya pemilihan putri pariwisata tingkat Provinsi Sulteng.

Di Sulteng Expo ada 143 stand yang disiapkan panitia. Dari jumlah itu, 88 merupakan stand indoor dan sisanya stand outdoor. Untuk stand indoor saat ini semuanya sudah dimiliki pemesan dari berbagai pelaku usaha.

“Kalau untuk stand outdoor kami sediakan 50, tapi itu bisa kita tambah kalau ada lagi yang pesan,” kata Shandra.

Shandra menarget nilai transaksi rupiah selama Sulteng Expo berlangsung lebih dari Rp21 miliar. Target itu merupakan patokan dari nilai transaksi Sulteng Expo sebelumnya pada HUT Sulteng ke 53 tahun 2017.

“Nilai transaksi Sulteng Expo tahun lalu-kan Rp21 miliar, makanya kita target tahun ini akan lebih dari nominal itu,” tuturnya.

Diungkapkan Shandra, masyarakat yang ingin datang ke Sulteng Expo tidak perlu khawatir terhadap pungutan parkir liar diluar ketentuan yang berlaku. Pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kota Palu dan Satpol PP dibantu Kepolisian akan mengawasi ketat para juru parkir.

Pungutan parkir di Sulteng Expo harus sesuai Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum, yakni tarif parkir kendaraan roda dua di setiap ivent dikenakan Rp3.000 dan untuk kendaraan roda empat Rp5.000.

“Tarif parkir memang biasanya jadi hal yang membuat masyarakat enggan datang, makanya Sulteng Expo kali ini akan diawasi ketat oleh pihak Dishub dan Satpol PP. Disetiap titik parkir nanti akan dipasang tarif parkir sesuai Perwali Kota Palu tentang retribusi parkir,” tandas Shandra. 


Editor: Udin Salim