Thursday, 23 November, 2017 - 08:13

Oknum PNS Sigi Calo CPNS Pemkot

TERTANGKAP - Tersangka IB saat digerebek tim Satgas Saber Pungli Polda Sulteng. (Foto : Ist)

Minta Uang Puluhan Juta, Iming-Imingi Korban Jadi PNS

Palu, Metrosulawesi.com – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Sigi terjading operasi tangkap tangan (OTT) Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Polda Sulteng, Jumat 26 Mei. Pelaku berinisial IB (42 thn) itu adalah seorang guru di SMK Negeri 1 Sigi.

Komandan Tim Saber Pungli Polda Sulteng, Kombes Pol Dwi Setiyadi dalam siaran persnya, Senin 29 Mei 2017 menyatakan,  IB  ditangkap aparat tim Saber Pungli di rumah kontrakannya, Jalan Belibis, Kelurahan Birobuli, Kecamatan Palu Selatan, sekitar Pukul 15.45 Wita, Jumat 26 Mei 2017.

Lebih jauh Kombes Pol Dwi menjelaskan, IB ditangkap sehubungan dengan penerimaan Calon PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu. Modus pelaku, mengiming-imingi korban untuk menjadi PNS di lingkungan Pemkot Palu dengan syarat menyetorkan uang muka.

“Uang muka yang disetorkan itu bervariasi, yakni untuk tamatan SMA sebesar Rp15 juta dan tamatan S1 sebanyak Rp25 juta. Mereka yang sudah menjadi korban IB diperkirakan sudah mencapai belasan orang, mulai dari warga yang belum memiliki pekerjaan hingga pegawai honorer K2,” tambahnya.

Dwi Setiyadi juga mengatakan,  untuk beberapa korbannya malah ada yang sempat berangkat ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk ikut prajabatan PNS, tetapi kemudian ditolak karena nama dan administrasinya tidak lengkap.

“Dari tangan tersangka petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti, uang tunai sebesar Rp5,5 juta, satu unit telepon genggam merek Samsung lipat, satu unit telepon genggam merek Oppo, dan buku catatan pendaftar CPNS,” urai perwira yang juga menjabat Irwasda Polda Sulteng itu.

Sementara Itu Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto saat ditemui di Mapolda Sulteng Selasa 30 Mei 2017 mengatakan, pelaku satusnya sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan sudah dilakukan penahanan sejak hari Sabtu 27 Mei 2017.

“Bagi yang merasa jadi korban tersangka IB, silahkan segera melapor ke Polda Sulteng,” imbaunya.

Saat ini penyidik tindak pidana korupsi Polda Sulteng, masih mengembangkan kasus pungli tersebut untuk mengungkap tersangka lainnya, karena diduga juga melibatkan oknum PNS Pemkot Palu.

“Polisi menjerat tersangka, dengan pasal berlapis yakni Pasal 5 ayat 2, dan atau pasal 12 huruf e Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 junto pasal Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar,” jelasnya.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.