Sunday, 17 December, 2017 - 14:17

Oknum Polisi di Tolitoli Ditangkap Kasus Narkoba

ILUSTRASI - Barang bukti narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan pihak kepolisian. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Seorang oknum anggota Polri Briptu IN ditangkap oleh Tim Buser Polres Tolitoli, Senin 26 Desember 2016. Anggota Polsek Dampal Utara kelahiran Palu 7 November 1976 itu ditangkap terkait kepemilikan dua paket sabu-sabu.

Kapolres Tolitoli AKBP Faizal Ramadhani mengatakan, penangkapan berdasarkan hasil pengembangan Tim Buser Polres Tolitoli yang sebelumnya telah menangkap tersangka lainnya bernama Acong asal Kecamatan Galang.

Faizal Ramadhani mengatakan,anak buahnya yang tertangkap kedapatan membawa sabu sabu yang ditaruh di dalam kantong celana.

"Oknum IN sudah lama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) di Polres karena desersi sering meninggalkan tugas kantor, terakhir dia ditangkap akibat memiliki sabu-sabu," katanya.

Kapolres mengatakan, terhadap oknum Polsek yang kedapatan membawa sabu-sabu terancam sanksi pemecatan dari kedinasan juga diproses sesuai hukum.

Adapun kronologis pernangkapan dirilis Polres Tolitoli Rabu 27 Desember 2016. Sebelum menangkap Briptu IN, polisi menggerebek lelaki AC, pada Sabtu 24 Desember 2016 sekitar jam 11.00 Wita di Jalan Dai Malambang Kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan Kabupaten  Tolitoli.

AC dicurigai memiliki narkotika jenis sabu-sabu. Namun AC berhasil melarikan diri lewat dapur rumah. Barang bukti yang tertinggal di TKP adalah alat timbangan sabu-sabu, alat isap dan motor honda beat warna putih milik Acong.

Selanjutnya pada Senin 26 Desember 2016 pukul 21.00 Wita, polisi melakukan lidik terhadap AC dan diperoleh informasi bahwa AC sedang berada di Desa Sabang Kecamatan  Galang Kabupaten Tolitoli.

Polisi kemudian melakukan pengiantaiaan. Saat itu, rumah yang ditempati AC dijaga oleh beberapa orang. Kemudian pada Selasa pukul 00.15 Wita, salah seorang keluar dari rumah AC dengan mengendarai sepeda motor honda Beat warna merah.

Selanjutnya polisi melakukan pembututan terhadap orang tidak dikenal tersebut. Pada pukul 03.00 Wita orang tidak dikenal tersebut singgah di pasar tradisional Susumbolan untuk membeli makanan.

Seketika itu anggota yang membuntuti langsung melakukan penangkapan dan setelah dilakukan penggeledahan diketahui bahwa yang bersangkutan adalah anggota Polri Briptu IN. Saat digeledah, disaku celananya ditemukan narkotika jenis sabu-sabu 2 paket kecil.

Setelah menangkap Briptu IN, polisi kemudian mengejar AC. Pukul 04.00 Wita, polisi yang mengintai di Desa Sabang, mengikuti AC yang keluar dari rumahnya yang berboncengan dengan dua perempuan.
 
Satu perempuan diturunkan di Kilometer 2 Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan, sementara satu lagi dibonceng menuju sebuah penginapan di Kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Setelanjutnya pada jam 04.30 Wita, polisi menggerebek AC di salah satu kamar penginapan. Setelah dilakukan penggeledahan tas AC yang sesuai kartu identitasnya bekerja sebagai petani itu ditemukan narkotika jenis shabu-shabu sebanyak tiga paket kecil.

Tak sampai disitu, pada jam 05.30 Wita menggeledah rumah Acong di Desa Sabang dan ditemukan barang bukti narkotika jenis shabu-shabu sebanyak 9 paket kecil. Saat ini barang bukti dan tersangka telah diamankan di Mapolres Tolitoli. (aco/edy)


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.