Thursday, 20 September, 2018 - 02:27

Ombudsman Sulteng Dorong Terapkan PPDB Zonasi

Sofyan Farid Lembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Perwakilan Omudsman Provinsi Sulawesi Tengah Sofyan Farid Lembah mengungkapkan pihaknya mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu untuk membangun Posko Pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. 

“Kami juga menerima pengaduan masyarakat untuk membantu dalam pelaksanaan PPDB sistem zonasi, terutama di jenjang SMA. Sementara untuk penerapan sistem zonasi SD dan SMP tidak diragukan lagi, karena dari tahun lalu telah berhasil. Namun yang saat ini belum menerapkan sepenuhnya sistem zonasi adalah jenjang SMA,” ujar Sofyan di kantornya, Kamis, 28 Juni 2018. 

Olehnya, Sofyan berharap Kepala Disdikbud Provinsi Sulteng agar benar-benar bisa memaksa pihak SMA di Sulteng untuk menerapkan sistem zonasi. Menurutnya, sistem zonasi bagus untuk pemerataan siswa di seluruh sekolah. 

“Dengan adanya zonasi, maka tidak ada lagi pungutan, sehingga benar-benar PPDB tahun ini bisa jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, khususnya di SMA/SMK,” katanya. 

Sofyan mengungkapkan SMA tahun ini belum sepenuhnya menggunakan sistem zonasi, padahal sangat diharapkan menggunakan sistem zonasi untuk pemeraatan pendidikan.

“Seharusnya tahun ini di dorong mengunakan sistem zonasi, nanti banyak masalah jika tidak diterapkan sistem zonasi, seperti pungutan dan lainnya,” ungkapnya. 

Maka, kata Sofyan, setelah pengumuman PPDB SMA beberapa waktu lalu, Ombudsman Sulteng telah membentuk tim untuk memantau sejumlah SMA, apakah ada pungutan selama PPDB atau tidak. 

“Namun sejauh ini belum ada laporan. Syukur Alhamdulillah, semoga tidak ada laporan, sehingga tidak ada pungutan di sekolah. Tetapi jika ada keluhan dari orang tua siswa, kami siap menerima keluhan tersebut,” ujarnya. 

Sofyan kembali menegaskan, Ombdusman Sulteng akan terus mendorong semua SMA di Sulteng menerapkan sistem zonasi.

“Kami dengan Kepala SMA telah berkomunikasi dengan baik, kami berharap sistem zonasi ini diterapkan. Pokoknya jangan khawatir untuk menerapkan sistem zonasi, kami Ombudsman Sulteng akan mendukung,” ujarnya.

Bagi masyarakat, kata Sofyan, jika melihat pada PPDB tahun ini ada pungutan atau melanggar peraturan pemerintah, silahkan melapor ke Ombudsman Sulteng, pasti akan dibantu.

 

Editor: M Yusuf Bj