Wednesday, 29 March, 2017 - 17:37

Operasi Lilin Tinombala 2016, Kodim 1306/ Donggala Terjunkan 200 Personil

Dandim 1306/Donggala, Letkol Kav I Gede Masa SIP. (Foto : Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 1306/Donggala menyiapkan personilnya untuk mendukung pengamanan Natal 2016 dan perpisahan tahun. Pengamanan ini digelar bekerjasama dengan Polres Palu untuk menjaga ketertiban dan keamanan khususnya di wilayah Kodim 1306/Donggala.

Dandim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa saat ditemui Metrosulawesi di ruang kerjanya, Senin 26 Desember 2016 mengatakan, konsep pengamanan perayaan natal dan perpisahan tahun ini, sama dengan konsep pengamanan tahun lalu. 

“Kami tetap bekerjasama dengan Polri dalam hal ini Polres Palu, Polres Parigi Moutong, Polres Donggala dan juga Polres Sigi yang merupakan wilayah kerja kami. Kami bersama pihak Polri membentuk Pos Pam bersama, termasuk Pam tempat ibadah, dalam hal ini Gereja. Kita lakukan pengamanan bersama dengan pihak kepolisian dan juga dari unsur masyarakat,” jelasnya.

Kata dia, hal itu juga untuk meminimalisir tindak kejahatan malam hari.

“Ini untuk menekan tindak kejahatan malam hari, kami melakukan patroli malam bersama dengan Menwa,” imbuhnya.

Dandim mengungkapkan ada beberapa titik rawan yang perlu diperhatikan dalam pengamanan tersebut.

“Masing-masing daerah meliputi Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala dan Kota Palu, memiliki tempat-tempat yang mendapat perhatian khusus diantaranya pusat keramaian, sekolah-sekolah dan pasar, yang kami anggap rawan tindak kejahatan, serta jalan-jalan yang dinilai rawan juga diturunkan personil."

Sementara itu, untuk pengamanan pisah tahun, pihaknya menerapkan dua sistem.

“Untuk jenis pengamanan malam pisah tahun, kami menurunkan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup di beberapa daerah yang dinilai perlu diturunkan personil,” ujarnya.

Dandim mengungkapkan untuk pengamanan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan 200 Personil.

“Untuk personil, kami turunkan 200 orang, untuk Kota Palu 50 personil, Parigi Moutong 50 personil, Sigi 50 personil dan Donggala 50 personil, ada juga personil dari Korem 132/Tadulako, dalam hal ini personil dari Batalyon 714 Poso serta juga dari Batalyon 711 disiagakan untuk membantu,” jelasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.