Monday, 28 May, 2018 - 03:43

Opster TNI 2018 di Poso, Puluhan Rumah Akan Direhab

PEMBUKAAN OPSTER - Kasdam XIII Merdeka, Brigjen TNI Fajar Setyawan membuka pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso 2018 di wilayah Poso, Senin 12 Maret 2018. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

OPSTER TNI 2018:
  • Berlangsung hingga tiga bulan ke depan
  • Melibatkan 225 personel gabungan TNI, Polri dan Pemda Poso
  • Akan dilaksanakan rehab rumah ibadah sebanyak 4 unit
  • Rehab rumah penduduk sebanyak 71 unit
  • Penyuluhan narkoba, layanan kesehatan, lomba mancing dan pembagian sembako.

Poso, Metrosulawesi.com - Kasdam XIII Merdeka, Brigjen TNI Fajar Setyawan membuka pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) TNI Sintuwu Maroso 2018 di wilayah Poso, Senin 12 Maret 2018. Pembukaan Opster digelar di lapangan Kelurahan Mapane, Kecamatan Poso Pesisir yang sebelumnya dilakukan dalam sebuah upacara.

Selain Kasdam XIII Merdeka dalam upacara pembukaan Opster ini turut dihadiri Danrem 132 Tadulako, Bupati Poso, Wakil Bupati, Kapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Dansatgas Tinombala, anggota DPRD, tokoh agama dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan mengatakan, kegiatan Opster merupakan wujud dari darma bakti TNI kepada rakyat Indonesia yang telah melahirkannya.

Sehingga Opster TNI salah satu realisasi dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta yang harus melibatkan seluruh potensi wilayah dan sumber daya nasional termasuk di dalamnya adalah segenap warga masyarakat Indonesia.

"Pelaksanaan Opster ini dimana TNI yang menjadi leading sectornya, merupakan gelar Operasi Militer selain perang atau yang biasa disingkat OMSP. Namun tanpa keterlibatan dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat bangsa yang ada di Poso dan sekitarnya, pelaksanaan Opster ini tentunya tidak akan berdaya dan berhasil guna secara optimal sesuai yang diharapkan," ucap Kasdam XIII Merdeka, Brigjen TNI Fajar Setyawan.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan, bagi pemerintah daerah kegiatan opster TNI membantu serta mendorong terwujudnya pembangunan infrastruktur di daerah.

Selain itu opster kegiatan dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesehjateraan hidup masyarakat, serta terwujudnya tugas bantuan kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah melalui pendekatan teritorial multidimensi guna memelihara kondisi keamanan secara menyeluruh di daerah Sintuwu Maroso.

Kegiatan Opster TNI Sintuwu Maroso 2018 akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan dengan melibatkan dua ratus dua puluh lima personil gabungan TNI, Polri dan Pemda Poso.

Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan seperti rehab rumah ibadah sebanyak 4 unit, rehab rumah penduduk sebanyak 71 unit, penyuluhan narkoba, layanan kesehatan, lomba mancing dan pembagian sembako.

Sementara itu dalam kegiatan pembukaan opster, Kasdam XIII Merdeka didampingi Pemda Poso memberikan penghargaan kepada tiga pilar Desa Tokorondo dan Desa Trimulya serta penghargaan piagam kepada bagi anggota Babinsa yang berprestasi.

Pembukaan opster ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan burung merpati.

Ratusan warga yang hadir kemudian dihiburi atraksi kesenian kuda kepang, marawis gabungan TNI/Polri, penampilan marching band pondok Gontor 13 Poso serta paduan suara oleh pelajar.       


Editor: Syamsu Rizal

Tags: