Thursday, 16 August, 2018 - 05:08

Orkestra Spanyol Tampil di Palu Perkusi

Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi  mengatakan pelaksanaan iven Palu Perkusi Juni 2018 mendatang bukan hanya diramaikan oleh seniman lokal dan nasional, melainkan juga diramaikan oleh  Kelompok orkestra asal Spanyol, Orquestra De Cámara De Siero (OCAS) atau Siero Chamber Orchestra.

“Orquestra De Cámara De Siero (OCAS) atau Siero Chamber Orchestra dari Spanyol dijadwalkan tampil meramaikan Palu Perkusi 2018,” kata Ansyar Sutiadi, Sabtu, 20 Januari 2018.

Selain meramaikan Palu Perkusi, kelompok orkestra tersebut juga rencananya akan mengunjungi beberapa sekolah di Kota Palu untuk memperkenalkan beberapa hal terkait kesenian.

“Nanti sekolah-sekolah mana saja yang akan dikunjungi, akan ditunjuk kemudian,” jelasnya.

Ansyar mengatakan untuk semakin meluaskan promosi iven yang masuk dalam kalender Festival Indonesiana 2018 tersebut, Pemerintah Kota Palu juga akan mengirim salah seorang seniman berpengalaman asal Kota Palu untuk mengenalkan seni dan budaya Kaili di Kanada.

“Nanti di sana beliau juga mempromosikan Palu Perkusi 2018, agar gaungnya semakin meluas,” ujarnya.

OCAS merupakan kelompok musik asal Spanyol yang terkenal dengan “Vinculos”, yakni sebuah proyek yang mempromosikan integrasi sosial dan budaya melalui musik, dengan memperkenalkan perbedaan budaya, adat istiadat, serta pandangan hidup yang tanpa diskriminasi.

Sebelumnya, kelompok ini mengisi konser bertajuk “Vinculos for Indonesia 2017” di Sumatra, yang merupakan salah satu bagian dari upaya diplomasi budaya antara Indonesia dan Spanyol, dari Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Palu Perkusi 2018 merupakan salah satu iven yang masuk dalam kalender Festival Indonesiana 2018. Selain Palu Perkusi, iven lainnya yang masuk dalam kalender Festival Indonesiana 2018 dengan tuan rumah Kota Palu adalah Festival Pesona Palu Nomoni 2018.

 
Editor: M Yusuf Bj