Thursday, 16 August, 2018 - 18:39

Pabrik Kelapa Sawit Hadir di Morut

RESMIKAN PABRIK - Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola bersama petinggi perusahaan dan Bupati Morowali Utara menekan tombol, sebagai tanda diresmikannya pabrik kelapa sawit, Kamis 14 Desember lalu. (Foto : Ist)

Kolonodale, Metrosulawesi.com – Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola meresmikan pabrik kelapa sawit PT. Sinergi Perkebunan Nusantara di desa Londi kecamatan Mori Atas, kabupaten Morowali Utara, Kamis 14 Desember 2017.

Gubernur Longki menyambut baik pembangunan pabrik kelapa sawit atas patungan antara PT Nusantara IV dan PT Nusantara XIV yang dapat menghasilkan 4.449 ton dari 735 hektar yang sebelumnya hasil ini ditimbun dipelabuhan Palopo, sehingga Morut akan membangun terminal khusus di pelabuhan peti kemas di Kolonodale.

Hadirnya pabrik kelapa sawit di Kecamatan Mori Atas ini akan membuka lapangan kerja baru, sehingga pertumbuhan ekonomi ini akan lebih meningkat lagi.

“Tetapi kami minta, jika ada permasalahan yang terjadi terutama masalah lahan, mari kita duduk bersama untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada,” kata Longki.

Direktur utama PT. SPN Budiono pada kesempatan itu mengatakan, kehadiran mereka di Mori Atas bukan hanya sekadar membuka perkebunan, tapi diharapkan dapat memberikan kesempatan belajar bagaimana membudidayakan kelapa sawit. Kehadiran perusahaan juga diharapkan dapat menumbuhkan persatuan antar suku umat beragama dan untuk penguatan ekonomi traf hidup masyarakat di sekitar pabrik.

Bupati Morut, Aptripel Tumimomor juga memberi apresiasi yang tinggi khususnya pemerintah kecamatan yang banyak berusaha dan berupaya, sehingga dapat terlaksana pembangunan pabrik tersebut. Kehadiran pabrik itu diharapkan dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua kecamatan Mori Atas dan Mori Utara.

“Terwujudnya kemajuan daerah yang berkualitas menjadi satu tujuan utama. Dengan adanya investasi yang menanamkan modal di sekitar perkebunan kelapa sawit di dataran Mori Atas dan pembangunan pabrik Kelapa Sawit adalah salah satu harapan masa depan warga Tepo Asa Aroa,” cetus Bupati Aptripel. 


Editor : Udin Salim