Tuesday, 25 September, 2018 - 05:52

Pagi Ini, KPU Sulteng Buka Pendaftaran DPD

Komisioner KPU Sulteng pada sebuah rapat koordinasi dengan instansi terkait baru-baru ini. Hari ini, KPU Sulteng memuka pendaftaran untuk calon anggota DPD RI sampai dengan 11 Juli 2018. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Dari 25 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sulawesi Tengah, baru empat yang sudah dipastikan memenuhi syarat dukungan minimal. Hal itu diketahui pasca verifikasi faktual yang dilakukan oleh jajaran KPU Sulteng.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan, empat bakal calon DPD RI itu adalah Yunan Lampasio, Abdul Rachman Thaha, Ma’mun Amir, dan Syamsidi Markus. Sebelumnya, Abdul Rachman Thaha mengajukan 2.546 dukungan, Yunan Lampasio (4.475 dukungan), Ma`mun Amir (4.044 dukungan), dan Syamsidi Markus dengan 4.326 dukungan.

“Minimal 2.000 dukungan. Dan setelah kami verifikasi faktual, empat yang telah memenuhi syarat minimal dukungan itu,” kata Tanwir Lamaming kepada Metrosulawesi, Jumat 6 Juli 2018.

Sedangkan 21 lainnya masih melakukan perbaikan dokumen dukungan karena tidak memenuhi syarat dukungan pencalonan setelah verfifikasi faktual, termasuk dua petahana DPD RI yakni Saifullah Malonda dan Saleh Aljufri.

Sementara itu, dari 25 bakal calon DPD, tampak beberapa nama beken yang sebelumnya duduk di DPR dan DPRD. Sebut misalnya, Sarifuddin Sudding yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI dapil Sulteng. Ada juga nama Lukky Semen (Anggota DPRD Sulteng), dan Muhammad J. Wartabone (Anggota DPRD Kota Palu).

Adapula dua petahana DPD RI yang justru tidak termasuk dalam daftar bakal calon DPD yakni Delis Julkarson dan Nurmawati Dewi Bantilan. DelisJulkarson memang tidak mendaftar sebagai anggota DPD RI. Kabarnya, senator asal Sulteng ini akan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Pada Pemilu 2014, Delis Julkarson meraih 101.620 suara.

Sedangkan Nurmawati Dewi Bantilan “Ditolak” oleh KPU Sulteng karena tidak menyerahkan syarat dukungan KTP/surat keterangan (suket), hingga batas akhir penyerahan dukungan. Padahal, pada Pemilu 2014, Nurmawati Dewi Bantilan memperoleh suara 135.845 yang kemudian memuluskan langkahnya menuju kursi DPD RI.

Adapun 25 bakal calon anggota DPD RI dapil Sulteng yang telah menerima tanda terima dari KPU Sulteng yakni : Adhi Kusuma Wahab, Agussalim, Ahmad Syaifullah Malonda, Andi Vivaldy, Arif Latadano, Yunan Lampasio, Abdul Rachman Thaha.

Selanjutnya, Muhammad J. Wartabone, Shaleh Muh. Aldjufri, Ma’mun Amir, Nursalam,  Budiman Jaya Ashari, Gland David Levi Rewah, Musdar M. Amin, Sarifuddin Sudding,  Hamzah Puluhulawa, Heri Sugianto, I Gede Yogantara Teguh Ekowijaya, Lukky Semen, Maziru L Masri, Muh Amin, Sahrum B Sihira, Syahrudin, Syamsidi Markus, dan Usman Samudin.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan, 25 bakal calon DPD tersebut dipersilakan mendaftar di kantor KPU Sulteng Jalan S Parman, Palu.  Pendaftaran dibuka selama tiga hari, pada 9-11 Juli 2018. Hari pertama dan kedua dibuka pukul 08.00 sampai dengan 16.00. Sedangkan pada hari ketiga atau Rabu 11 Juli sampai pukul 24.00.

“Setelah itu, untuk 21 bakal calon anggota DPD yang mendaftar akan kami verfikasi faktual dukungannya secara terbuka. Kami bersama Panwas serta LO bakal calon kalau ada di daerah akan turun verifikasi fatual,” jelas Tanwir Lamaming.