Sunday, 17 December, 2017 - 15:56

Palu Kelebihan Guru Bahasa Inggris, Disdik Segera Lakukan Penataan

Guru SMPN di Palu saat mengikuti salah satu kegiatan di SMPN 14 Palu beberapa waktu lalu. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Dinas Pendidikan Kota Palu segera menindaklanjuti kelebihan guru Bahasa Inggris pada SMP Negeri di Palu. Diketahui, sebanyak 29 guru bahasa Inggris yang saat ini mengabdi pada 22 SMPN di Palu.

Akibatnya, puluhan guru ini kekurangan jam mengajar dari target 24 jam sebagai persyaratan sertifikasi tunjangan profesi. Mensiasati kekurangan jam mengajar itu, banyak diantara mereka terpaksa harus mencari jam tambahan mengajar di sekolah lain dengan mata pelajaran yang berbeda.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ansyar Sutiadi, mengaku dalam waktu dekat akan melakukan penataan guru di tingkat SMP Negeri, sekaligus mengatasi permasalahan kelebihan guru Bahasa Inggris, sehingga tidak perlu lagi ada seorang guru mencari ketambahan jam mata pelajaran ke sekolah lain, bahkan ada yang  hingga tiga sekolah.

“Kita akan melakukan penataan, termasuk penempatan guru-guru prestasi agar tidak menumpuk di satu sekolah. Guru-guru prestasi harus bisa menyebar rata ke semua sekolah untuk menularkan prestasi-prestasinya ke guru-guru lain,” jelas Ansyar Sutiadi pekan lalu di Palu.

Ansyar mengungkapkan satuan pendidikan tingkat SDN di Kota Palu justru mengalami kekurangan guru hingga 300  orang. Selama ini, untuk menutupi kekurangan itu, sekolah terpaksa menggunakan tenaga guru honorer, bahkan tidak sedikit tenaga guru honorer kini menjadi guru kelas, yang seharusnya hanya dapat diisi oleh tenaga guru PNS.

Terkait kekurangan tenaga guru di tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN), Ansyar mengatakan pihaknya telah membuka ruang bagi guru yang ada di luar Kota Palu untuk pindah ke Kota Palu, dengan catatan bersedia ditempatkan di SDN.

“Silahkan, kalau mau di tempatkan di sekolah dasar, karena memang saat ini kami sangat membutuhkan tenaga guru untuk sekolah dasar, terutama guru PNS,” tambahnya.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.