Sunday, 26 February, 2017 - 18:41

Pameran Festival dan Karnaval Akhir Tahun, Kilas Balik Peran Pasar Tua Bagi Kota Palu

Para tamu undangan Pasar Tua Pameran Festival dan Karnaval Akhir Tahun. (Foto : M Yusuf BJ/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kecamatan Palu Barat, Sabtu malam, 24 Desember 2016, menggelar acara Pasar Tua Pameran Festival dan Karnaval Akhir Tahun di kawasan Pasar Tua (Pasar Bambaru) Palu. Kegiatan ini dihadir oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Palu Sudaryano Lamangkona mewakili Wali Kota Palu dan Kepala Dinas Kebersihan Kota Palu Sumardi Amdal, Camat Ulujadi Nawab Kursaid, para tokoh masyarakat, serta para Lurah di wilayah Kecamatan Palu Barat.

Camat Palu Barat Arif Lamakarate dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut ini bertujuan untuk mempererat dan meningkatkan silaturrahmi warga Kota Palu, khususnya warga Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat.

“Kegiatan ini merupakan penjabaran salah satu visi misi Wali Kota Palu yang mengamanatkan menjadikan Kota Palu kedepan sebagai kota jasa, berbudaya dan beradat, yang dilandasi dengan iman dan taqwa,” ungkap Arif.

Arif mengatakan kegiatan tersebut merupakan kilas balik peran Pasar Tua dalam mengisi pembangunan di Kota Palu.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian untuk mengingat kembali bahwa di Pasar Tua ini adalah tempat awalnya pertemuan masyarakat Kota Palu dalam beraktivitas perdagangan dan jasa. Di Pasar Tua ini cikal bakalnya pertemuan-pertemuan transaksi ekonomi masyarakat Kota Palu,” jelasnya.

Arif juga mengapresiasi peran Panitia Pelaksana yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan kegiatan tersebut.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia Pelaksana atas terlaksananya kegiatan ini. Dengan kegiatan ini, kita berharap masyarakat Kota Palu dan Kelurahan Baru khususnya, dapat mengenal kembali sejarah Pasar Tua dalam membangun perkonomian Kota Palu,” katanya.

“Ini sesuai dengan visi misi Wali Kota Palu, dimana kami mencoba untuk mengangkat kembali budaya-budaya lokal kita, yang ternyata di kawasan Kampung Baru ini banyak sekali potensi-potensinya,” katanya.

Arif mengatakan hingga 31 Desember 2016, Pasar Tua Pameran Festival dan Karnaval Akhir Tahun akan menggelar beragam kegiatan.

“Sampai dengan 31 Desember 2016, beragam kegiatan akan dilaksanakan di Pasar Tua Pameran Festival dan Karnaval Akhir Tahun. Kegiatan tersebut akan menampilkan beragam budaya di Kota Palu, diantaranya pentas seni, pagelaran busana, kuliner dan pameran otomotif,” ungkapnya.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Palu Barat dan Kelurahan Baru bisa mendukung dan menjaga situasi lingkungannya agar lebih tertib, aman dan nyaman. Karena kedepannya, Pasar Bambaru akan ditata atau diberikan tempat untuk para pedagang kuliner bisa beraktivitas lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hafid dalam laporannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya untuk mengangkat kembali sejarah Pasar Tua Palu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat sejarah berdirinya Pasar Bambaru atau Pasar Tua. Kami juga memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa masyarakat Pasar Tua bisa melaksanakan suatu kegiatan yang bermamfaat dengan aman dan nyaman,” katanya.

“Kegiatan ini juga untuk mengangkat budaya-budaya lokal dan kuliner yang berada di Kecamatan Palu Barat, khususnya Kelurahan Baru. Kegiatan ini terwujud juga berkat kerjasama seluruh komponen masyarakat di Kelurahan Baru, meskipun dana sangat minim. Terimakasih juga kepada para pemilik toko di kawasan Pasar Bambaru yang telah memberikan bantuannya sehingga kegiatan ini terwujud,” ungkapnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan