Sunday, 22 April, 2018 - 01:24

Panitia Bursa Inovasi Desa Morowali Terbentuk

BERI PENJELASAN - Sekretaris DPMDP3A Morowali Zainal Abidin menjelaskan pelaksanaan Inovasi Desa saat pembentukan panitia di Aula Kantor DPMDP3A Morowali, Kamis 30 November 2017. (Foto : Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.com - Melalui kendali Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Morowali, panitia program Bursa Inovasi Desa daerah Morowali terbentuk, Kamis 30 November 2017.

Sekretaris DPMDP3A Kabupaten Morowali H Zainal Abidin mengatakan, untuk hasil nyata panitia program bursa inovasi desa tersebut, diharapkan dapat bekerja secara baik. Karena, peran panitia akan dibutuhkan sebagai kelanjutan demi suksesnya program bursa inovasi desa di Morowali.

"Penting sekali bekerja dengan benar agar hasil terlihat secara nyata, dan dapat dirasakan oleh setiap desa," ucap Zainal.

Sementara itu, ahli bidang pengembangan ekonomi desa Ratni mengatakan, program bursa inovasi desa tersebut diarahkan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai oleh pemerintah desa itu sendiri.

"Jadi, tugas panitia program bursa inovasi desa mencari inovasi yang belum terdokumentasi dan menjadi penyedia jasa dalam layanan teknis di desa dalam mereplikasi suatu inovasi," ungkapnya.

Panitia yang terbentuk untuk struktur program bursa inovasi desa diharapkan dapat menyaring sedetail mungkin desa mana saja, di Kabupaten Morowali yang berpotensi ciptakan inovasi dan pikiran untuk memajukan desanya itu sendiri.

"Panitia harus jeli melihat desa yang mempunyai potensi bisa diciptakan program inovasi baru. Sehingga, bisa memajukan desa tersebut," ujar Ratni.

Orientasi pembentukan panitia inovasi desa ini dalam rangka menindaklanjuti program pemerintah. Acara dihadiri beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Morowali yaitu dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kominfo, Kesahatan, Koperasi dan UMKM dan Dinas Pendidikan.


Editor : Syamsu Rizal