Sunday, 25 June, 2017 - 02:55

Panlih Kembalikan Usulan Gubernur Sulteng

Zainuddin Tambuala. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah menolak tiga nama yang diajukan partai pengusung melalui Gubernur karena bertentangan dengan Tata Tertib (Tatib).

Dalam rapat lanjutan Jumat 2 Juni 2017, Panlih melalui pimpinan DPRD segera mengembalikan berkas tiga nama tersebut, karena bertolak belakang dengan Tatib sehingga Panlih tidak perlu membahasnya.

“Panlih akan membuat pertimbangannya untuk diserahkan ke pimpinan DPRD, kemudian dikirim ke Gubernur sebagai bentuk pengembalian usulan Gubernur,” ujar Ketua Panlih Zainuddin Tambuala.

Panlih menyerahkan sepenuhnya penentuan dua nama kepada partai pengusung, karena sesuai aturan Panlih hanya menerima dua nama, apabila terjadi perbedaan jumlah usulan nama dapat dipastikan DPRD tidak memprosesnya.

“Panlih tidak masuk keranah partai pengusung, oleh karena itu partai pengusung harus bermusyawarah kembali guna menentukan dua nama. Bila sudah disepekati barulah dikirim kembali ke DPRD,” kata Zainuddin.

Begitupun disampaikan Sekretaris Panlih, Erwin Lamporo, sebelum mengirim ke DPRD seharusnya dipahami dulu isi aturannya. Dengan mengirim tiga nama sama halnya tidak memahami aturan, karena sejak awal sangat jelas bahwa DPRD hanya menerima dua nama.

“Seharusnya DPRD tidak perlu mengembalikan usulan nama wagub apabila aturannya dipahami. Sangat jelas tertuang dalam Tatib, bahwa DPRD hanya menerima dua nama bukan tiga nama atau lebih,” tegasnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.