Sunday, 22 July, 2018 - 03:04

Panwaslu Morowali Imbau Masyarakat Kawal Proses Verifikasi Faktual

Mahfud Supu. (Foto : Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Bungku, Metrosulawesi.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Morowali mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan agenda pengawasan verifikasi faktual buat calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Morowali untuk Pilkada 2018 mendatang.

"Kepada masyarakat dapat membantu kami mengawal verifikasi faktual calon perseorangan tersebut," ungkap Mahfud Supu, selaku Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Morowali, belum lama ini

Jika memang ada lapisan masyarakat bersedia turun melakukan pengawasan dan menemukan adanya pelanggaran, baik itu dilakukan oleh setiap tim atau penyelenggara, Panwaslu meminta untuk melaporkan kejadiannya.

"Verifikasi faktual calon perseorangan dilaksanakan 12-25 Desember 2017," ungkapnya.

Agar berjalan sesuai aturan perundang-undangan juga disini menginstruksikan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Morowali  mengawal proses verifikasi faktual calon perseorangan tersebut.

"Imbauan kepada masyarakat dan Panwascam demi untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecurangan dan pelanggaran," ujarnya.

Proses pengawasan verifikasi faktual calon perseorangan tertuang dalam UU No 10 tahun 2016 dan Perbawaslu RI No 10 tahun 2017, tentang pengawasan tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota.


Editor : Elwin