Wednesday, 26 September, 2018 - 07:29

Panwaslu Parimo Tidak Proses Gugatan AMIN

Iskandar Mardani. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.com - Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), masih Mengkaji pengajuan permohonan sengketa yang disampaikan pasangan nomor 3, H Amrullah Almahdalli-Yufni Bungkundapu (AMIN). 

“Pasangan AMIN menginginkan penetapan rekapitulasi penghitungan suara di KPU Parimo di batalkan,” kata Kordiv Penindakan Pelanggaran Panwaslu Parimo, Iskandar Mardani, Minggu 8 Juli 2018.

Lanjut Iskandar, karena yang dipersoalkan berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Parimo, Panwaslu tidak bisa memprosesnya karena itu ranah Mahkamah Konstitusi (MK), sebagaimana diatur dalam UU no 10 tahun 2016.

"Saya kurang tahu apaka mereka paham atau tidak. Tapi kami menyurati secara layak ke mereka yakni paslon AMIN, karena tanpa mendahului pleno kita tidak bisa memproses sengketanya,” ujar Iskandar sapaan akrabnya.

Iskandar menambahkan, jika mengacu pada UU 10 tahun 2016 dengan Perbawaslu No 15 tahun 2017 itu tidak tepat. Untuk itu, hari ini 9 Juli 2018, Panwas Parimo akan melayangkan surat ke paslon AMIN tersebut. 

"Dengan banyaknya dugaan pelanggaran, kami Panwas Parimo suda banyak melakukan penanganan. Akan tetapi surat yang Paslon AMIN ajukan ke kami, menginginkan agar hasil rekapitulasi penghitungan suara di KPU Parimo di batalkan. Untuk itu kami Panwaslu masih melakukan pengkajian permohonan sengketa tersebut,” pungkasnya.

 

Editor: Elwin