Tuesday, 26 September, 2017 - 06:15

Parigi Moutong Gagas 'Tour de Teluk Tomini'

ILUSTRASI - Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. (Grafis : Dok Metrosulawesi)

Parigi, Metrosulawesi.com - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sedang menggagas penyelenggaraan lomba balap sepeda wisata berskala internasional dengan nama Tour de Teluk Tomini pada 2018 untuk mempromosikan keindahan wisata di Teluk Tomini.

"Insya Allah lomba balap sepeda ini mulai digelar pada 2018, setelah tahun ini kita sukses melaksanakan lomba marathon internasional Equator 10 Kilometer pada 1 April 2017 untuk memeriahkan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT)," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu yang dihubungi di Parigi, Kamis 6 April 2017.

Menurut Samsurizal, langkah persiapan menggelar Tour de Teluk Tomini (TDTT) ini sudah dimulai dengan menghubungi pihak-pihak terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Saya sudah sounding ke Kementerian Pariwisata, bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara serta melaporkan rencana ini kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Semuanya mendukung," ujarnya.

Menurut rencana, Tour de Teluk Tomini akan dilepas di Manado, Sulawesi Utara, untuk menyusuri rute sepanjang jalan trans Sulawesi melintasi Provinsi Gorontalo dan finish di Dusun Kayu Bura, Desa Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Moutong, eks lokasi puncak acara Sail Tomini 2015, yang kini telah menjadi lokasi wisata baru di Parigi.

Iven olahraga wisata ini akan digelar bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT), yang mulai 2017 dimajukan jadwalnya dari bulan Oktober ke bulan April.

"Sebagai tuan rumah, kita akan mempersiapkan iven ini dengan baik dan maksimal," ujar Samsurizal.

Pemkab dan masyarakat Parigi Moutong saat ini sedang menggelar FPTT 2017 yang rangkaian acaranya dimulai dengan lomba lari marathon internasional `Equator 10 Km` pada Sabtu, 1 April 2017 dan akan diakhiri dengan karnaval pakaian tradisional (fashion carnival) dan berbagai atraksi seni dan budaya pada puncak perhelatan festival, Minggu, 9 April 2017.

Beberapa rangkaian kegiatan festival yang sudah digelar adalah pelepasan lomba perahu layar tradisional dan sandeg dari Kecamatan Moutong yang akan finish di Dusun Kayu Bura pada 9 April nanti.

Sejak Selasa (4/4) malam, FPTT dimeriahkan dengan lomba menyanyi solo pop dangdut dan festival grup band se-Sulawesi Tengah yang mendapat sambutan meriah oleh ribuan warga setempat.

Bupati Samsurizal mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan sektor kepariwisataan untuk menjadikan kepariwisataan ini sebagai lokomotif pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Kepala Dinas Pariwisata Parigi Moutong Hamka Lagala pada kesempatan terpisah mengemukakan sejak Sail Tomini digelar pada 2015 dan diikuti berbagai kegiatan kepariwisataan dan berbagai pertemuan skala nasional dan internasional, kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah ini mulai menggeliat.

Pada 2016 misalnya, kunjungan wisatawan nusantara tercatat 383.587 orang dan wisatawan mancanegara 3.432 orang, sedangkan pada 2017 ini ditargetkan kunjungan wisnus 400.000-an orang dan wisman 5.000-an orang. (*)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.