Saturday, 21 October, 2017 - 22:09

Parimo Butuh Seribu Kamar Hotel dan Homestay

RAPAT PERSIAPAN - Asisten I Moh Arif Latjuba didampingi Wabup Parimo H Badrun Nggai dan pihak terkait saat memimpin rapat panitia penyelenggara pameran gelar TTG Nasional XIX di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Jumat, 5 Mei 2017. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Presiden Dijadwalkan Buka Pameran TTG

Palu, Metrosulawesi.com - Apabila tidak aral melintang, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka pameran gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIX di Kabupaten Parigi Moutong pada September mendatang. Hal ini terungkap saat Rapat panitia penyelenggara gelar TTG Nasional dipimpin Asisten I Setdaprov Sulteng Moh Arif Latjuba di Ruang Polibu Kantor Gubernur, Jumat, 5 Mei 2017.

Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Badrun Nggai melaporkan pembukaan pameran gelar TTG nantinya berada di Kayu Bura eks lokasi Sail Tomini. Pameran TTG bakal diikuti perwakilan seluruh provinsi se Indonesia.

“Kami merasa bersyukur ditunjuk tuan rumah untuk puncak hari gelar teknologi tepat guna secara nasional di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Wabup.

Kata dia, saat ini pihaknya telah menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam kegiatan skala nasional itu seperti hotel tempat para undangan dan tamu. Untuk hotel katanya, ada 36 hotel dengan total 444 kamar fasilitas full AC di daerah itu yang bakal menjadi tempat para tamu dan undangan beristirahat.

Selain hotel, juga disiapkan 379 homestay/penginapan yang sebagaian merupakan rumah masyarakat di Parimo dengan total 660 kamar. Sehingga total kamar yang dibutuhkan 1.104 kamar.

“Pameran TTG akan dirangkaiakan dengan kegiatan panen raya padi di Desa Dolago, kecamatan Parigi Selatan. Kami sudah beritahukan kepada petani mulai Juni sudah maulai menanam agar pas September sudah bisa panen. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik. Jadi kalau brhasil, ini kedua kali nanti Presiden malakukan panen raya padi di Parimo setelah sebelumnya Presiden SBY juga pernah,” tuturnya.

Selain panen raya padi di Desa Dolago, Presiden juga diagendakan melakukan kunjungan penen raya tambak udang, bandeng dan kepiting di desa yang sama. Kemudian setelahnya dilanjutkan agenda peninjauan pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan 54 MW di Desa Jono Nunu, Parimo.

"Kami akan berupaya maksimal agar puncak gelar TTG bisa berhasil seperti kegiatan nasional Sail Tomini yang telah sukses dilaksanakan Pemkab Parimo," tandasnya.

Sementara Arif Latjuba mewakili gubernur mengharapkan lewat pameran TTG dapat meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh informasi tentang TTG. Selain itu, diharapkan dapat mendorong atau memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kapasitas produksi dan nilai tambah produk secara ekonomi.

“Sebagai Pemerintah provinsi yang di dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan TTG, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal, khususnya menyangkut semua keperluan Presiden,” ujar Arif.

Untuk diketahui, pameran gelar TTG ini nantinya berlangsung mulai 25-30 September 2017 dengan  berbagai agenda kegiatan yang telah disiapkan panitia.  Adapun puncak pembukaan pameran dijadwalkan pada 27 September di Kayu Bura eks Lokasi Sail Tomini.

Sementara penutupan yang akan dilakukan Gubernur Sulteng sesuai agenda yaitu 30 September. Sebelum puncak pembukaan kegiatan, dilaksankan gelar pameran TTG di Sirkuit Panggona EKS STQ Palu. Dari rangkaian pameran TTG ini akan dihadiri sejumlah menteri-menteri kabinet  kerja dan seluruh gubernur se-Indonesia.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait