Friday, 17 August, 2018 - 17:09

Parpol Wajib Masukan Data Bacaleg ke Silon

Komisioner KPU Poso, Karel Rompas. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Jelang Pemilu serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso saat ini telah menyediakan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Hal itu dilakukan KPU untuk mewajibkan Partai Politik (Parpol) mengisi dan memasukkan data Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke aplikasi Silon di Pemilu 2019.

KPU memandang Silon merupakan teknologi yang disediakan untuk memudahkan proses pencalonan anggota legislatif baik DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pemilihan Presiden.

Komisioner KPU Poso Divisi Teknis,  Karel Rompas, ditemui menyampaikan, sistem Silon ini merupakan persiapan untuk mengikuti pencalon bacaleg di pemilu 2019. Pihak KPU Poso juga sudah melaporkan ke seluruh Parpol untuk mengambil password dan usser name agar nanti bisa terakses di sistem Silon.

Karel Rompas menyampaikan, setelah nantinya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) telah di publish, pihaknya segera melaksanakan Bimtek terkait aplikasi Silon tersebut.

"Semua mekanisme pancalonan akan tertera pada aplikasi Silon tersebut, seperti syarat-syarat calon, profil caleg, foto calon dan lainya yang terkait dengan pencalonan caleg," ucap Karel Rompas.

Karel Rompas menambahkan, meskipun sudah tersedia aplikasi Silon, pihak KPU tetap menerima Hardcopy syarat dari pendaftaran maupun surat pencalonan caleg.

 
Editor: Elwin