Thursday, 16 August, 2018 - 20:06

Pasar Tavanjuka Bakal Berubah Jadi Pasar Kuliner

Amiruddin. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Dinas Perindustrian, Perdangangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kota Palu akan menggenjot pengaktifan Pasar Tavanjuka agar bisa beroperasi lebih baik. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Disperindagko Kota Palu, Amiruddin belum lama ini.

Menurutnya, meskipun tidak beroperasi dengan baik, Pasar Tavanjuka masih digunakan sebagian pedagang untuk berjualan.

“Masih beberapa wacana, apakah akan dijadikan pasar induk atau dijadikan pasar kuliner. Tetapi tetap mendasar program lama, bahwa pasar tersebut merupakan pasar tradisional modern,” katanya.

Kata dia, meski akan dijadikan Pasar Kuliner, pihaknya tetap akan memasukkan pedagang  tradisional di dalamnya.

"Kami juga akan mengajak pengrajin untuk bisa menempati kios yang ada di dalamnya. Kami menganggap pasar itu strategis untuk penjualan kerajinan dan pusat kuliner, lahannya cukup besar dan mudah dijangkau,” kata Amiruddin.

Sebelumnya, DPRD Kota Palu meminta pengelolaan Pasar Tavanjuka dilakukan oleh pihak ketiga. Pasalnya kinerja Disperindagkop terhadap pasar tersebut tak mencapai target, khususnya soal retribusi. 

“Kami menganggap Disperindakop belum maksimal mengelola pasar,” kata anggota DPRD Kota Palu Joppy A Kekung, belum lama ini.

“Karena selama ini, penerimaan retribusi dari pengelolaan pasar tidak pernah tercapai. Dan salah satu pasar yang tidak mampu memberikan kontribusi sama sekali untuk PAD yaitu pasar Tavanjuka, itu menurut keterangan Disperindagkop. Coba pasar Tavanjuka tersebut bisa dipihak ketigakan, pasti ada sumber PAD yang masuk ke kas daerah,” ujar Joppi.


Editor : M Yusuf BJ