Saturday, 18 August, 2018 - 03:17

Pasca Lebaran Pasokan Listrik di Palu Normal

Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pasca Lebaran 2017 pasokan listrik untuk kebutuhan rumah tangga di Palu dan sekitarnya berjalan normal dan lancar.

"Syukur alhamdulillah, selama hari raya dan pasca Lebaran Idul Fitri, pasokan listrik aman," kata Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin, Kamis 29 Juni 2017.

Ia mengatakan semua pembangkit yang selama ini menyuplai listrik untuk sistem kelistrikan Palapas (Palu, Donggala, Parigi Moutong dan Sigi) dalam kondisi baik.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso maupun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mpanau Palu beroperasi normal sehingga suplai listrik ke sistem kelistrikan Palapas tetap lancar.

Begitu pula dengan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PT PLN, semunya dalam kondisi bagus dan beroperasi.

Emir juga menambahkan tidak ada gangguan pada jaringan listrik, termasuk yang selama ini rawan terjadi gangguan adalah jaringan listrik PLTA Poso menuju Gardu Induk (GI) PLTA di Desa Sidera, Kabupaten Sigi.

Seperti diketahui bahwa daya dari PLTA Poso disuplai sampai ke GI PLTA di Desa Sidera dan nanti sari GI Sidera kemudian baru didistribusikan ke sistem kelistrikan Palapas di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Menurut dia, soal ketersediaan pembangkit masih cukup memadai. "Hanya saja memang yang sering mengalami gangguan adalah jaringan," kata dia.

Dia mengaku jaringan, khususnya dari PLTA Poso menuju GI Sidera melewati kebun dan hutan sehingga jika terjadi gangguan memerlukan waktu beberapa hari untuk menormalkan kembali.

"Ini yang menjadi kendala utama dalam menjaga kontinyunitas pasokan listrik dari PLTA Poso ke GI Sidera," ujar Emir Muhaimin. (ant)