Thursday, 16 August, 2018 - 05:02

PDAM Ogomalane Mulai Mendata Calon Penerima Meteran

Warga korban banjir Tolitoli mendapatkan pasokan air dari mobil tangki, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Perusahaan Daerah (Perusda ) Air Minum Daerah Ogomalane Tolitoli tahun ini melakukan pendataan secara door to door ke beberapa rumah warga. Warga yang memenuhi syarat kelayakan akan mendapatkan pemasangan meteran air dan alat kelengkapan lainnya.

“Dari 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli hanya ada 5 kecamatan saja yang mendapat program tersebut. Kecamatan tersebut antara lain Dampal Utara, Dondo, Baolan, Galang, dan Dakopemean yang mendapat program sambungan rumah,” kata Kenedy, Kepala Bagian Teknik PDAM Ogomalane Tolitoli, Rabu 24 Januari 2018.

"Saat ini kita lagi turun mendata ke rumah penerima manfaat yang akan mendapatkan bantuan pemasangan meteran air," katanya.

Dikatakan program ini bekerja sama dengan Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pihak kementerian terkait menanggung segala bentuk biayanya mulai dari pemasangan pipa, meteran yang intinya warga bisa menikmati air bersih.

"Setelah kita turun mendata ke rumah warga selanjutnya data tersebut kita kirim ke Kementerian PUPR setelah itu petugas dari kementerian datang dan mengecek kembali ke rumah warga apakah memenuhi kualifikasi atau tidak. Jika hasilnya sudah benar maka akan dilakukan tahapan pengerjaan selanjutnya," jelasnya.

Adapun biaya administrasi yang dibayarkan oleh calon konsumen kepada pihak PDAM Ogomalane harus dimusyawarakan dengan warga penerima sasaran agar tidak menjadi polemik diluar.

"Kalau di kabupaten lain penerima mamfaat membayar administrasi ke PDAM sampai  Rp.500 ribu. Namun kita di sini warga hanya membayar Rp 200 ribu saja per meteran dan itu sudah dituangkan dalam regulasi pada PDAM Ogomalane," ungkap Kenedy.


Editor: Syamsu Rizal

Berita Terkait