Friday, 22 June, 2018 - 13:42

Pegadaian Luncurkan Gadai Tanpa Bunga

Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu, Agus Tokhid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - PT Pegadaian memperluas segmen bisnisnya. Para mahasiswa, pekerja sektor non formal, pedagang kecil, dan calon nasabah lain yang selama ini belum pernah menjadi nasabah Pegadaian dan belum bankable menjadi sasarannya.

Pada April 2018 lalu, Pegadaian meluncurkan layanan kredit gadai tanpa bunga dengan nama produk KCA Prima untuk Pegadaian  Konvensional dan Rahn Hasan untuk Pegadaian Syariah.

Menurut Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu Agus Tokhid, produk ini diluncurkan untuk menjangkau segmen baru yang selama ini belum terlayani kreditnya oleh Pegadaian seperti kalangan mahasiswa, pekerja sektor non formal, pedagang kecil, dan calon nasabah lain yang selama ini belum  pernah menjadi nasabah Pegadaian dan belum bankable karena keterbatasan kemampuan ekonomi dan agunan. Khususnya, bagi mereka yang membutuhkan dana untuk membiayai kebutuhannya baik untuk kebutuhan kuliah, kebutuhan usaha, maupun kebutuhan lainnya.

"Besaran layanan kredit gadai tanpa bunga ini berkisar mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu, dengan jangka waktu pengembalian kredit hingga 60 hari," ujar Agus Tokhid, Kamis 24 Mei 2018.

Syarat untuk mendapatkan layanan gadai tanpa bunga inipun cukup mudah yaitu calon nasabah cukup memiliki KTP Elektronik yang tercatat di Dukcapil dan agunan yang dapat dijadikan jaminan gadaipun cukup flexibel serta  beragam mulai dari perhiasan emas, elektronik, gadget dan barang rumah tangga.

"Yang penting masih memiliki nilai ekonomis," sebutnya.

"Layanan gadai tanpa bunga ini juga dimaksudkan dalam untuk memberikan edukasi dan experience kepada segmen masyarakat tertentu yang selama ini belum terjangkau layanan Pegadaian agar mereka tahu ternyata layanan kredit gadai di Pegadaian begitu mudah, cepat dan terjangkau serta sangat bermanfaat untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan mereka."

Melalui Layanan Gadai Tanpa bunga ini, Ia berharap layanan Pegadaian bisa menjangkau lebih luas ke seluruh lapisan masyarakat yang pada akhirnya dapat menjadi penggerak ekonomi dan kesejahteraan  masyarakat hingga lapisan paling bawah sesuai misi Pegadaian sebagai Badan Usaha Milik Negara.    


Editor: Udin Salim