Wednesday, 16 August, 2017 - 23:23

Pejabat Eselon Touna Dilaporkan Terlibat Kampanye

Bupati Touna menyampaikan sambutannya dalam acara lokakarya dan seminar. (Foto : Harris Wartabone)

Ampana, Metrosulawesi.com - Penjabat Bupati Kabupaten Touna Abubakar Nopan Saleh meminta kepada para PNS, camat, kades, lurah dan seluruh kepala SKPD tidak ikut melakukan kampanye atau menjelek-jelekan calon pasangan lain. 

Hal itu ditegaskan Bupati Touna dalam seminar dan lokakarya pendayagunaan Aparatur Pemerintahan Desa dalam rangka optimalisasi  pelaksanaan Undang Undang Nomor 4, tentang desa yang berlangsung di Hotel Grand Pink, Senin ( 19/10/2015).

Di hadapan para kepala SKPD, camat, lurah dan kepala desa se Kabupaten Touna, Pj bupati meminta agar masyarakat selalu mengawasi jika ada PNS yang melakukan sosialisasi ataupun kampanye, dan menyebarkan visi misi dari calon bupati yang maju dalam Pilkada Touna tahun 2015.

“Kemarin saya sudah menerima laporannya dari salah satu masyarakat, bahwa ada pejabat Eselon II yang berkampanye kepada masyarakat dan menjelek-jelekan calon bupati pasangan lain, dan ini saya minta kepada seluruh pejabat jangan melakukan sosialisasi atau berkampanye," tegas bupati.

Menurutnya, seorang PNS, camat, lurah dan kepala desa memiliki hak politik masing- masing. Namun dalam aturan Pilkada, seorang PNS tidak boleh ikut dalam kegiatan kampanye. Ia meminta kepada masyarakat mengawasi PNS yang terlihat ikut berkampanye.

"Oleh sebab itu saya meminta kalau ada masyarakat yang melihat ada pegawai Eselon II, camat, lurah, kades berkampanye, langsung di foto orangnya, dan berikan kepada saya,” tegasnya.

Dia sangat berharap, bila ada masyarakat melihat adanya keterlibatan PNS pada proses sosialisasi atau kampanye dari pasangan calon, segera melaporkan hal itu kepada pihak terkait antara lain Panwaslu.

Lanjutnya, peran serta dan keterlibatan masyarakat melakukan pengawasan atas jalannya Pilkada juga sangat diperlukan, sehingga sesuai dengan prinsip jujur dan adil serta langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Pilkada Touna tidak lama lagi akan dilaksanakan, kepada masyarakat  khususnya wajib pilih, saya berharap menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan pemimpin yang berkualitas,’’ harapnya.


Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.