Saturday, 25 November, 2017 - 11:38

Pekan Depan Korupsi PDAM Donggala Disidang

ILUSTRASI - Korupsi. (Grafis : Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Palu telah menerima berkas perkara dugaan korupsi dana operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Uwe Lino Kabupaten Donggala dengan terdakwa Arifin Abd Rahim (mantan Dirut PDAM Donggala).

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Palu, Lilik Sugihartono, Jumat, 3 November.

Lilik mengatakan, setelah menerima berkas dari penuntut umum, pihaknya langsung menetapkan Majelis Hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut. Adalah Alfin Adrian selaku Majelis Hakim Ketua dan dua Hakim Anggota masing-masing, Darmansyah dan Jult Mandapot.

Setelah itu kata Lilik, Majelis Hakim menetapkan jadwal sidang perdana, yakni Selasa, 7 November. Nah, biasanya sidang perdana itu agendanya adalah mendengar dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Lilik mengatakan, sekilas melihat berkas perkara, bahwa terdakwa Arifin Abd Rahim didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dana operasional PDAM Uwe Lino Kabupaten Donggala tahun 2016/2017.  Terdakwa Arifin Abd Rahim didakwa dengan dakwaan primair pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah  dan ditambah dengan  UU nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor. Subsidair pasal 3 jo jasal 18 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah  dan ditambah dengan  UU nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor Jo pasal 64 ayat 1 KUHP Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.