Saturday, 23 June, 2018 - 01:12

Pelaku Usaha Harus Miliki Sertifikat Halal

Prof H Zainal Abidin. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palu, Prof H Zainal Abidin mengatakan pelaku usaha selain harus memiliki produk berlabel halal juga harus dibutikan dengan memiliki sertifikat halal.

“Setiap pelaku usaha harus memastikan bahwa produk yang diperdagangkan disertai label halal, dan harus memiliki sertifikat halal. Produk tidak cukup dikatakan halal bila hanya mencantumkan label halal tanpa memiliki sertifikat halal,” Prof Zainal di Palu, Rabu, 7 Maret 2018.

Kata dia, sertifikasi halal jangan hanya menjadi label semata pada suatu produk. Sebab bagi MUI, label halal yang tertera diproduk harus diikutkan dengan pembuktian adanya sertifikat halal.

Olehnya, mantan Rektor IAIN Palu itu mengimbau agar proses-proses dalam pembuatan suatu produk harus benar-benar bersih dan suci, tanpa terkontaminasi dengan hal-hal haram. Kata Prof Zainal, sebelum pelaku usaha mengantongi sertifikat halal, harusnya setiap produk yang dimohonkan terlebih dahulu melalui uji kesehatan dari dinas terkait.

Demikian pula dengan makanan dan minuman serta obat-obatan harus melalui uji dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

“Perlu ada kajian dari instansi-instansi terkait atas permohonan pelaku usaha mengenai ke halalan suatu produk. Ini sangat penting," tegasnya.

Pakar Pemikir Islam Modern itu menambahkan, jika suatu produk telah mencantumkan label halal, tentu akan mendapat minat yang besar dari masyarakat. Itu dikarenakan di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam.

“Makanya label halal harus memberi kepastian bahwa produk tersebut tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang diduga haram,” tandas Prof Zainal. 


Editor: M Yusuf Bj