Saturday, 19 August, 2017 - 19:05

Pembangunan Sigi Harus Mengacu RTRW

Kasdin. (Foto : Metrosulawesi/Moh Yayan Lamasuku)

Sigi, Metrosulawesi.com - Seiring dengan semakin pesatnya pembangunan dan pengembangan di wilayah Ibu Kota Kabupaten Sigi yang banyak menggusur lahan pertanian. Dinas Pertanian Kabupaten Sigi meminta para pengembang dalam membangun untuk memperhatikan tata ruang wilayah Sigi yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Sigi.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sigi Kasdin menuturkan, sejumlah lahan pertanian yang akan di alih fungsi menjadi bangun perumahan. Maka pengembang wajib mengacu pada Rencana tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sigi.

“Ini kan sudah ada RTRW nya, masalah alih fungsi lahan kami mengacu  pada RTRW, misalnya ada masyarakat yang ingin membangun,” ungkapnya belum lama ini.

Ia meminta pengembang tidak boleh seenaknya membangun. Pembangunan harus dengan didukung surat rekomendasi dari pemerintah desa dan pemerintah kecamatan. Jangan sampai merugikan masyarakat dan Pemda Sigi terutama jika membangun diatas lahan persawahan.

“Pembangunan perumahan di Sigi harus mengacu pada RTRW, jika tidak mengacu RTRW, Pemkab Sigi akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, karena jangan sampai wilayah yang akan di bangunkan perumahan masuk pada kawasan Industri,” tandasnya.


Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.