Friday, 21 July, 2017 - 18:44

Pemda Sigi Menolak Pengelolaan Air oleh Pihak Tertentu

ILUSTRASI - Pengolahan air. (Foto : viva.co.id)

Sigi, Metrosulawesi.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sigi Nurzain Djaelangakara menyampaikan bahwa Sigi memiliki potensi yang cukup besar khususnya terkait dengan air, namun dalam hal mengolah dan pemanfaatannya, belum mampu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Nurzain mencontohkan sungai Paneki misalnya, debit airnya saat ini tidak lagi seperti sebelumnya, sumber air yang menjadi harapan masyarakat tidak lagi tercukupi, kebutuhan itu tidak lagi seimbang sehingga warga beralih fungsi dengan melakukan aktifitas lain yang instan seperti merambah hutan.

"Mustinya air yang diwilayah kita, harus dikelola dan dimanfaatkan sebagaimana yang telah diatur dalam konstitusi kita, yakni Pasal 33 UUD 1945,” kata Nurzain Rabu (29/10/2014) di Balai Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru.

Dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Nurzain menegaskan, akan menolak pengelolaan air yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu  yang tidak memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat di  Kabupaten Sigi.

Sementara itu, menyikapi banyaknya tantangan yang di hadapi terkait persoalan air, staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Syhariar Chalik menyatakan, bahwa kebutuhan masyarakat akan air semakin meningkat, olehnya dibutuhkan kerjasama antar sektor, wilayah dan berbagai pihak, untuk  pengelolaan sumber daya air harus dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan.

Tantangan yang dimaksud adalah menurunnya ketersediaan air, kurangnya pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang lebih terpadu dan konseptual, serta kurangnya sosialisasi berkaitan dengan banjir dan kerusakan lingkungan.

Hadir dalam acara tersebut Dr. Nur Sangaji dari akademisi sebagai panelis, Tim Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Sumber Daya Air, dan masyarakat Desa Pombewe yang diwakili oleh tokoh masyarakat dan pemuda sebagai peserta.

 

Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.